People Innovation Excellence
 

Untungnya Magang saat Kuliah

      Sudah bukan rahasia bahwa program magang merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Bagaimana tidak, di kesempatan ini kita bisa belajar langsung tentang skill yang dibutuhkan dalam industri. Selain itu, kita juga bisa membangun jaringan dengan para praktisi yang memang handal di bidangnya. Magang memiliki sejumlah manfaat yang sangat berharga yaitu:

  1. Menambah wawasan dan meningkatkan potensi

Memelajari teori dan kemampuan praktis di kampus sangat berbeda dengan di perusahaan asli. Apabila kita praktik terjun langsung ke lapangan, skill dapat berkembang dan kita bisa langsung mengaplikasikannya dalam kondisi riil. Tak hanya itu, selama magang kita juga akan dihadapkan pada masalah-masalah yang ada di perusahaan. Pengalaman ini bisa memperkaya kita dan menambah pengalaman.

  1. Menjalin hubungan baik antar universitas dengan perusahaan

Magang tak hanya untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa saja, tapi juga untuk menjalin relasi saling menguntungan bagi universitas maupun perusahaan yang memberikan peluang magang. Perusahaan tentu senang ketika mendapatkan bantuan dari mahasiswa yang kompeten sehingga bisa membantu pekerjaan di kantor. Sedangkan universitas juga puas karena mahasiswanya bisa dibekali dengan kemampuan praktis sebelum lulus.

  1. Mendapat peluang kerja yang lebih besar

Jika kita dapat menjalankan tugas yang diberikan oleh perusahaan dengan baik, maka kita akan dapat peluang besar untuk menjadi pegawai tetap disana. Sudah ada begitu banyak kisah nyata di mana anak magang yang pintar dan rajin kemudian direkrut untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Hal ini sangat baik untuk keduabelah pihak karena sang bos bisa menilai dulu kinerja si anak buah, dan si anak buah atau mahasiswa juga bisa merasakan terlebih dahulu bagaimana suasana kerja di perusahaan tersebut.

  1. Mahasiswa mendapat uang tambahan

Walau tak semua perusahaan memberi gaji selama program magang, sebagian besar setidaknya memberi uang makan atau transport. Besarnya tentu tak seberapa, namun untuk beberapa mahasiswa ini bisa menjadi gaji pertama mereka. Hal ini akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi mahasiswa karena dengan ilmu yang dipelajari bisa mendapatkan uang sendiri.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close