Tak terasa sudah beberapa bulan Putri Maulida, mahasiswi Komunikasi Binus Malang, menjalani program magang di GNFI sebagai content writer. Good News from Indonesia memberinya tugas untuk menjadi content planner di bawah bimbingan supervisor. Saat awal magang, Putri merasa mendapatkan tantangan untuk mengasah kemampuan menulisnya. Ia bertanggungjawab untuk menulis artikel yang baik dan original untuk diserahkan ke tangan editor.

                Setiap hari Putri mengunggah 1 artikel sesuai dengan arahan dari supervisior, tetapi jika ada jadwal penulisan untuk trend tertentu, ia bisa mempublish 2 artikel sekaligus. Editorlah yang menentukan tulisan mana yang layak untuk diunggah dan kapan perlu dipublikasikan.

                Selain kerja individu, pengalaman kerja tim juga didapatkan Putri saat magang di GNFI. Ia harus membuat infografis melalui koordinasi dengan tim sosial media dan tim creative design. Infografis yang dikerjakannya ada 2 jenis, yaitu infografis video dengan durasi 45 detik dan infografis visual yang lebih singkat. Kerjasama tim ini bermula dari tim sosial media yang memberi Putri tema untuk dijadikan content infografis. Setelah jadi, content itu diberikan pada tim sosial media untuk disetujui sebelum nantinya diserahkan kepada tim creative design untuk divisualisasikan. Setelah visual jadi, maka tim creative design memberikan hasilnya kepada Putri lagi untuk dicek apakah kontennya sudah tepat. Diskusi bisa dilakukan pada tahap ini. Terakhir, tim creative design akan memberikan hasil jadinya kepada tim sosial media untuk diunggah sesuai jadwal atau deadline. Content yang diajukan untuk kerja tim ini jumlahnya tak tentu, tergantung berapa yang ingin distok untuk hari berikutnya. Terkadang bisa 4 hingga 5 konten per hari.

                Tak hanya infografis. Putri juga diberi tugas untuk menulis 21 caption dengan deadline 1 minggu. Namun jika dibutuhkan mendesak, terkadang ia bisa menyelesaikannya  lebih cepat.  Apabila tim creative design membutuhkan bantuan di luar perencanaan kerja pembuatan caption maka Putri juga harus mengerjakannya. Biasanya caption perlu mengandung kata-kata yang menarik perhatian pengguna Instagram untuk membaca artikel yang diunggah di GNFI.

                Selain membuat artikel, infografis, dan caption, ada 1 lagi tugas yang harus dikerjakan Putri yaitu membuat list artikel apa yang cocok untuk diunggah di media sosial. Kebetulan Putri memegang media sosial Twitter. Setiap hari harus ada 10 tweet yang diunggah dalam waktu yang sudah ditentukan yaitu mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Tema yang diambil ditentukan sendiri oleh Putri. Ia bisa menentukan dan mencari 10 artikel yang layak untuk ditampilkan.

Itulah cerita singkat pengalaman magang Putri di GNFI. Mau juga magang di sana?

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.