6. Penulis

Mahasiswa komunikasi juga diajarkan cara menulis berita maupun menulis artikel. Dari memelajari Ilmu Komunikasi, mahasiswa dapat menjadi penulis cerita fiksi, penulis script film, penulis artikel, penulis berita, hingga penulis advertorial. Kemampuan menulis terkadang dipandang sebelah mata, padahal untuk membuat caption atau mendeskripsikan produk saja dibutuhkan skill penulisan yang baik.

7. Sutradara Film

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, terutama yang mengambil peminatan broadcasting, tentunya sudah sangat paham bagaimana alur pembuatan film. Selama berkuliah mahasiswa juga sudah sangat sering ditugasi membuat film atau video pendek, jadi mereka sudah terbiasa untuk melakukan proses produksi. Karena itulah, lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi sudah memiliki kemampuan untuk menjadi sutradara film.

8. Cameraman atau Fotografer

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi diajari untuk mengambil foto yang baik, mencari angle, memelajari cara penggunaan berbagai jenis kamera, mengatur lighting, dan sebagainya. Tentu saja ilmu ini bisa dipelajari secara informal, namun mahasiswa dapat memahami teori, mempraktikkan, dan melakukan konsultasi yang intensif dengan dosen dalam kelas. Jadi proses pembelajaran pun bisa berjalan dengan lebih mudah.

9. Brand Consultant

Di zaman sekarang sudah banyak bisnis-bisnis baru buatan anak muda. Meski masih relatif kecil, bisnis-bisnis ini banyak yang sudah di-branding dengan baik. Logo dan narasi produk mereka telah dikerjakan dengan serius. Dengan makin banyaknya orang yang memiliki jiwa enterpreneurship, maka kebutuhan akan brand consultant pun semakin besar. Kesempatan untuk bisa sukses di bidang ini menjadi makin luas.

10. Announcer Radio

Radio adalah salah satu media massa tertua. Dengan belajar di Program Studi Ilmu Komunikasi, kita bisa menjadi announcer radio. Biasanya dosen yang mengajar di program studi ini memiliki pengalaman menjadi announcer radio sehingga mahasiswa bisa belajar dan sharing langsung dengan para pakar.

  1. Wirausahawan

Di Binus University semua program studi memiliki kurikulum yang embedded enterpreneuship. Jadi dengan berkuliah di Binus, maka kita praktis bisa mendapatkan pengetahuan di bidang kewirausahaan.

Itulah beberapa profesi yang bisa dilakukan oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Manakah yang paling menarik menurutmu?

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.