People Innovation Excellence
 

Prospek Kerja Mahasiswa Komunikasi (1)

Salah satu pertanyaan utama calon mahasiswa sebelum memilih program studi adalah, “Bisa kerja jadi apa aku setelah lulus nanti?” Banyak remaja dan orangtua yang khawatir akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan kelak. Karena itu, dalam artikel ini akan dibahas berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi.

  1. Jurnalis

Jurnalis atau wartawan merupakan mereka yang bertugas untuk menulis dan melaporkan berita dan informasi tentang suatu hal kepada khalayak. Profesi sebagai seorang jurnalis tidaklah mudah karena mereka harus mau bekerja keras di lapangan untuk menyampaikan fakta yang sebenarnya. Profesi ini diikat oleh kode etik, seorang jurnalis tidak boleh menyampaikan kebohongan. Untuk menjadi jurnalis atau wartawan, jurusan yang paling tepat untuk diambil adalah Ilmu Komunikasi karena kita akan diajari untuk menulis, membuat konten, dan bekerja di media.

  1. Reporter atau News Anchor

Mirip dengan jurnalis, reporter adalah mereka yang melaporkan berita langsung dari lapangan. Pekerjaan mereka juga berat karena reporter harus siap bila ditugaskan ke daerah bencana atau meliput hal-hal yang berbahaya. Bagi mereka yang ingin lebih nyaman dalam studio bisa menjadi news anchor. Dalam program acara berita seorang news anchor akan membacakan berita-berita terbaru melalui prompter. Pelafalan seorang news anchor harus jelas dan intonasinya tidak datar.

  1. Master of Ceremony (MC)

Orang bisa saja merasa mampu menjadi MC walau berasal dari jurusan apapun. Akan tetapi mahasiswa Ilmu Komunikasi sudah mendapatkan mata kuliah public speaking sehingga bisa lebih memahami pekerjaan ini lebih baik. Pelajaran lain tentang bagaimana membangun komunikasi interpersonal yang baik juga akan mendukung profesi MC.

  1. Youtuber atau Video Blogger

Profesi yang satu ini makin banyak dilirik oleh kaum muda karena dianggap memiliki fleksibilitas waktu dan lokasi kerja. Selain itu, sudah banyak Youtuber yang menjadi kaya raya berkat membuat konten bagus. Mahasiswa Ilmu Komunikasi sudah pasti memiliki kemampuan membuat konten, shooting video, hingga editing akhir. Semua kemampuan ini akan mendukung mereka untuk menjadi seorang Youtuber yang sukses.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close