Apa yang membuat radio tetap memiliki daya pikat di era digital saat ini?

  1. Adanya fasilitas radio streaming

Saat ini kita tidak perlu repot membawa radio fisik kemana-mana. Radio kini sudah bisa kita bisa dengarkan melalui smartphone selain di mobil. Hal ini cukup mudah karena hanya demgan menyambungkan headset sebagai antenna, kita sudah bisa mendengarkan radio. Ini merupakan kemajuan dibandingkan zaman dahulu ketika kita masih membutuhkan radio yang biasa berukuran cukup besar untuk mendengarkan siaran kesukaan.

Untuk pengguna smartphone yang tidak ada fitur radio di dalamnya, jangan khwatir. Kita tetap bisa mendengarkan dengan fitur radio streaming. Ada aplikasi khusus yang bisa membuat ponsel kita dapat menyiarkan program radio. Tak hanya itu, sudah banyak pula radio yang memiliki website di mana kita bisa mendengarkan siaran secara langsung melalui koneksi internet. Sangat mudah, bukan?

  1. Simpel dan bisa didengarkan sambil melakukan hal lain

Tak seperti bermain media sosial atau game, radio bisa didengarkan sambil lalu. Terkadang kita bekerja, melakukan aktivitas lain, atau berada dalam perjalanan dan tidak ingin repot memilih lagu. Dalam saat-saat seperti ini, radio adalah jawabannya.

  1. Penyiar yang asik

Salah satu kekuatan utama radio adalah penyiar yang bisa menemani dan seakan mengajak kita berbincang-bincang. Apabila penyiar bisa memberikan topik-topik yang menarik dan memilihkan lagu yang asik, sudah pasti radio itu akan memiliki pendengar setia. Layanan podcast atau musik streaming juga tidak bisa menyaingi radio karena podcast hanya orang yang berbicara dan musik streaming hanya lagu-lagu saja sedangkan radio merupakan gabungan dari keduanya. Tak hanya itu, di zaman sekarang kita bisa melihat raut wajah penyiar dari akun Instagram atau acara-acara off air sehingga kita bisa merasa lebih dekat lagi dengan mereka. Dengan memberikan kesempatan pada pendengar untuk mengenal penyiar, maka pendengar pun menjadi lebih bersemangat ketika mendengarkan program radio.

Kamu sendiri masih suka mendengarkan radio atau tidak? Apakah kamu mempunyai siaran radio favorit?

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.