Di zaman sekarang anak-anak muda banyak yang tertarik untuk membuat bisnis sendiri atau melanjutkan bisnis keluarga. Bagi orang-orang yang bercita-cita menjadi pebisnis, biasa jurusan yang diincar adalah ekonomi, manajemen, atau bisnis. Bagaimana dengan komunikasi? Pentingkah memelajari komunikasi bila kita ingin menjadi pebisnis?

Semua kegiatan komunikasi selalu memiliki tujuan. Dalam komunikasi bisnis, tujuan yang ingin dicapai biasanya untuk sales. Sebagai seorang pebisnis kita tentu ingin mempersuasi orang untuk menyukai atau hingga membeli produk kita. Karena itulah komunikasi bisnis menjadi penting. Tak hanya itu, komunikasi dengan investor juga krusial. Apabila banyak investor yang melirik bisnis kita, makan kegiatan berwirausaha dapat berjalan dengan lebih lancar.

Jadi apa saja keuntungan menguasai komunikasi bisnis?

  1. Membangun tim

Dibutuhkan seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik untuk memimpin suatu tim agar dapat membawa dampak positif. Hal ini guna meningkatkan kinerja tim sehingga akhirnya dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Tim yang solid tentu akan sangat mendukung produktivitas pekerjaan.

  1. Persuasi halus

Untuk memengaruhi calon konsumen atau investor agar bisa tertarik dengan produk atau jasa, kita perlu melakukan persuasi dengan halus. Tujuan dari melakukan persuasi halus ini adalah agar terjadi negosiasi yang mulus dan ada win-win solution antara kita sebagai pebisnis dan konsumen.

  1. Perbaiki kualitas pelayanan

Dalam berbisnis kita harus selalu berkomunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan. Jika kita terus terbuka pada saran dari pelanggan, maka produk atau jasa kita tentu akan lebih disukai.

  1. Memahami kondisi pasar

Komunikasi juga dapat membantu kita memahami kondisi pasar. Misal dengan melakukan riset atau survey kecil-kecilan, kita bisa memahami kemauan dan kemampuan pasar. Tanpa adanya skill komunikasi yang tepat, kita tidak akan bisa menggali data tersebut.

  1. Membangun koneksi dengan bisnis lain

Kerja sama antar perusahaan tentu dilakukan oleh bisnis manapun, Baik perusahaan asing maupun domestik. Adanya teknologi komunikasi yang canggih saat ini sangat mempermudah kita dalam berkomunikasi untuk menjalin kerja sama dan koneksi. Saat ini kita juga bisa menggunakan berbagai macam software video conference untuk bekerja dari jarak jauh.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.