Secara umum orang awam menganggap bahwa broadcasting adalah dunia penyiaran yang mengemas suatu program baik mulai dari pra hingga pasca produksi. Sedangkan jurnalistik adalah suatu aktivitas kewartawanan yang lebih cenderung ke penulisan berita untuk masyarakat, baik melalui media massa ataupun media elektronik.

Meskipun ilmu yang diajarkan selama 3 semester sama, dasar-dasar Ilmu Komunikasi, tetapi saat peminatan keduanya memiliki pendalaman yang berbeda. Apa saja perbedaan antara jurnalistik dan broadcasting?

Dilihat dari mata kuliahnya, broadcasting memiliki skill yang berhubungan teknis dalam industri media. Materi yang dipelajari berupa teknik pegambilan gambar atau video, teknik memproduksi dan menyiarkan program, dan berbagai teknik lain untuk bekerja di dunia televisi atau film. Sedangkan jurnalistik lebih mempelajari soft skill seperti memahami teori media, produksi berita, teknik wawancara dan menulis berita. Jadi secara teknis, mahasiswa broadcasting memelajari lebih banyak skill praktis.

Dari sudut pandang profesi, mahasiswa peminatan jurnalistik harus memiliki kemampuan untuk menulis dan membuat berita yang baik. Mereka harus memiliki wawasan yang luas dan bisa bekerja di bawah tekanan deadline. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa jurnalistik ini maka peluang kerja yang ditawarkan ketika lulus cukup beragam. Beberapa di antaranya yaitu menjadi pembawa berita, reporter, wartawan, dan penulis di media online. Tak hanya di perusahaan media, mereka juga bisa bekerja di lembaga pemerintahan, contohnya KPAI dan Kominfo.

Sedangkan untuk mahasiswa broadcasting, keahlian dibutuhkan adalah kompetensi membuat konsep program TV maupun radio, menulis script, serta riset dan marketing program tertentu. Peluang kerja mahasiswa jurnalistik dan broadcasting sama-sama besar namun berada di ranah yang berbeda. Mahasiswa broadcasting bisa bekerja menjadi penyiar radio, tim kreatif, kameramen , floor director, production assistant, dan lain-lain.

Meskipun sudah dibedakan saat kuliah, masih banyak mahasiswa yang saat bekerja memiliki profesi tertukar satu sama lain. Ada juga yang memiliki jobdesc gabungan antara dua major yang sudah dibahas di atas. Kamu sendiri lebih tertarik peminatan yang mana?

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.