Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Marcus Buckingham dan Curt Coffman dengan judul First, Break All The Rules berisikan tentang hasil survey dari Gallup Organization terhadap 80.000 manajer di lebih dari 400 perusahaan didapatkan beberapa fakta menarik. Salah satu fakta yang menarik untuk diungkap adalah hasil tentang bagaimana para pemilik usaha memperlakukan karyawan sehingga bisnisnya dapat berjalan dengan baik.

Perlu difahami bahwa seorang pemimpin tidak akan dapat memperlakukan semua karyawannya secara sama rata. Tantangan yang dihadapi oleh pemilik usaha dalam memperlakukan karyawan adalah bagaimana merubah bakat mereka menjadi prestasi. Setiap karyawan memiliki karakter berbeda sehingga dalam memperlakukannya juga diperlukan perbedaan antara satu dan lainnya.

Salah satu hasil survey pada buku tersebut menceritakan sebuah restoran yang mengkader 4 orang karyawan sebagai tulang punggung atas panggung bisnisnya dan penggerak untuk karyawan yang lain. Empat orang tersebut memiliki karakter yang berbeda, karyawan pertama memiliki karakter sangat bangga pada pekerjaannya sehingga apapun yang dilakukan selalu profesional. Dia ditempatkan pada posisi yang langsung berhadapan dengan konsumen. Para konsumen sangat puas dengan pelayanannya, bahkan sebelum konsumen menceritakan kebutuhannya, karyawan pertama telah mengetahui dan menawarkan solusinya.

Karyawan kedua berkarakter ramah tamah, pembawa keceriaan, selalu tersenyum dan pencipta suasana bahagia. Karyawan ketiga adalah penerima tamu, yang paling pertama menghadapi konsumen, berkarakter sopan dan tegas. Karyawan keempat adalah seorang supervisor yang pendiam, tegas, mampu memotivasi semua karyawan dan penuh tanggung jawab.

Pemilik restoran tidak dapat memperlakukan empat karyawanan tersebut dengan sama rata, penghargaan atas capaian dan sikap yang ditunjukkan jika terjadi kesalahan juga berbeda satu dan lainnya. Pemilik restoan mengerti bahwa empat karyawan tersebut berbakat pada posisinya saat ini. Bahkan jika pemilik restoran yang sekaligus sebagai manajer tidak berada dilokasi saat situasi ramai, empat orang tersebut akan dapat mengatasinya dengan baik.

Berikut lima pesan mujarab tentang mengelola karyawan untuk kesuksesan bisnis, yakni:

  1. Sangat perlu untuk memilih orang yang tepat karena semuanya akan menjadi mudah. Talent mapping yang tepat menjadikan sang pemilik usaha mengerti potensi yang dimiliki karyawannya, sehingga dapat ditempatkan pada posisi yang tepat.
  2. Selanjutnya penting untuk menempatkan rasa percaya pada karyawan yang telah dirasa berada pada posisi yang tepat. Rasa percaya kepada karyawan dianggap sebagai amanat yang tinggi nilainya. Sehingga dalam bekerja mereka akan merasa sedang menjunjung harga diri perusahaan dan dirinya sendiri, integritas.
  3. Bayar karyawan sesuai dengan kinerjanya dan menjadikan pembayaran tersebut sebagai penghargaan sehingga performanya akan selalu dijaga.
  4. Hindari janji yang berlebihan, buatlah sedikit janji dan pegang erat janji tersebut hingga diwujudkan.
  5. Sebagai pemilik usaha yang sekaligus manajer perlu mengingat bahwa dirinya sedang berada di atas panggung setiap hari. Para karyawan akan memperhatikannya. Segala sesuatu yang dilakukan, yang dikatakan, cara mengatakan, akan selalu diamati dan menjadi teladan. Maka perhatikan sikap diri, karena lingkungan saat ini adalah cerminan dari perilaku pemilik usaha.