Study abroad adalah salah 1 program Enrichment Binus University yang bisa diambil oleh mahasiswa semester 5.  Pada skema ini mahasiswa bisa memilih untuk studi lanjut di universitas yang memiliki kerjasama dengan Binus. Pilihan ini diambil oleh Hikmashanty Suci, Binusian Komunikasi 2021. Ia menempuh pendidikan selama 6 bulan di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia.

                Berbeda dengan teman- teman lain yang memilih untuk magang selama program Enrichment, Shanty memilih jalur Study Abroad untuk merasakan pengalaman multicultural. Adanya kesempatan untuk kuliah di luar negeri ini digunakan Shanty untuk membangun relasi atau link yang lebih luas di luar negeri.

                Saat ditanya alasan mengapa Ia memilih Malaysia sebagai tempat melanjutkan studinya, Shanty menjawab bahwa pilihannya jatuh ke Malaysia karena alasan jarak. Tak perlulah mencari negara yang terlalu jauh untuk kuliah selama 6 bulan jika sudah memenuhi apa yang kita butuhkan. Dari sisi kurikulum, UiTM menggunakan kukrikulum Cambridge milik UK sehingga pengajaran, materi, dan interaksi di kelas sudah sangat berkualitas. Malaysia juga merupakan negara multikultural dengan berbagai ras seperti Melayu, Tionghoa, Kaukasia, India, dan masih banyak lagi. Menurut Shanty, alasan-alasan inilah yang membuatnya mantap untuk memilih Malaysia sebagai tempat studi selama 1 semester.

                Shanty merasa senang tinggal di negeri orang karena sudah lama ia mengangan-angankan kesempatan ini. Walau begitu, ia sempat merasakan cultural shock. Meski bertetangga dengan Indonesia, ternyata Malaysia memiliki sisi-sisi yang berbeda dengan negara kita. Salah satu hal yang berbeda adalah soal citarasa makanan. hal ini membuat Shanty merasa homesick dan rindu dengan makanan Indonesia. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ia berhasil keluar dari zona nyaman dan mulai menikmati kehidupannya sebagai mahasiswa di sana. Shanty juga berkesempatan melakukan hal-hal baru selama kuliah di UiTM Malaysia.

                Selain belajar, tentu kesenangan mahasiswa yang mengambil track Study Abroad adalah kesempatan untuk berjalan-jalan. Sayang sekali rencana ini harus disesuaikan dengan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan bagi kita untuk travelling. Sebenernya Shanty ingin pergi ke beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Thailand untuk refreshing namun rencana ini tidak bisa berjalan karena situasi yang tidak mendukung. Semoga mahasiswa Study Abroad di periode berikutnya sudah tidak terimbas virus korona lagi ya!

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.