Corona virus disease atau lebih sering disingkat menjadi Covid-19 adalah wabah yang hingga saat ini masih menghantui seluruh dunia. Negara-negara yang sudah dianggap selesai menghadapi virus ini pun masih selalu berjaga-jaga. Tempat-tempat umum masih dibatasi jumlah pengunjungnya dan semua orang diminta untuk memakai masker.

Virus ini memang mematikan, tapi asal kita bisa berjaga-jaga dengan baik, sebenarnya tak ada alasan untuk menjadi panik. Sayangnya beberapa pemberitaan di media massa dan media sosial sering membuat masyarakat menjadi resah. Begitu banyak hoax juga tersebar di media sosial.

Meski bisa digunakan sebagai platform yang edukatif dan informatif, pada kenyataannya sosial media merupakan salah satu tempat utama orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan hoaks. Karena itu, sebagai masyarakat yang bertanggungjawab kita harus memakai media sosial untuk menyebarkan informasi yang benar dan positif, bukan malah menakut-nakuti.

Orang-orang yang berpengaruh seperti Youtuber, Content Creator, artis, atau influencer juga seharusnya menggunakan media sosial mereka untuk menyatakan campaign yang baik. Sejauh ini sudah ada sejumlah public figure yang memakai akun mereka di Instagram, Tik Tok, dan Twitter untuk menyuarakan kampanye yang baik. Contohnya adalah Dokter Tirta yang rajin membuat kampanye informatif seputar Covid-19. Ia sering mengingatkan bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi pandemi ini.

Selain influencer dan selebgram, masyarakat sebenarnya juga bisa melakukan hal yang sama. Banyak yang dapat kita lakukan dari rumah untuk membantu pemerintah mengurangi penyebaran virus corona. Cara yang termudah adalah membuat konten untuk media sosial kita masing-masing. Sebarkanlah konten edukatif pada keluarga dan teman-teman kita. Misalnya, mahasiswa bisa membuat konten tik tok tentang stay at home dan selalu menggunakan masker ketika harus pergi keluar rumah. Kita juga bisa membuat cover dance yang sedang tren sehingga masyarakat tidak terlalu tertekan dengan berita-berita yang selalu membahas corona. Ada banyak cara dan ide kreatif yang bisa kita implementasikan dalam melawan corona. Asal kita tetap berada di rumah, tentu kita akan bisa melalui ini semua dengan baik.