Suitmedia adalah perusahaan digital agency yang terletak di Jakarta Selatan. Suitmedia sering disebut perusahaan pihak ketiga atau perusahaan jasa yang melayani strategi digital, desain dan pengembangan situs, pengembangan aplikasi seluler, pemasaran media sosial, serta periklanan digital pada perusahaan calon klien. Nama Suitmedia tentu sudah tak asing lagi karena keberadaannya di 4 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Singapura. Beruntungnya, salah satu Binusian Komunikasi 2021, Fristy Vaniasari, berhasil mendapatkan kesempatan magang di sana.

                Posisi Fristy di Suitmedia adalah menjadi copywriter. Ia bertuga melakukan beberapa hal seperti menulis kata-kata singkat seperti di pop up notifikasi, menulis artikel yang mengandung iklan atau rekomendasi produk, membuat ucapan selamat datang di aplikasi baru, juga menyusun caption yang menarik untuk media sosial Suitmedia.

                Fristy merasa senang dengan tempat magangnya sekarang karena ia banyak mendapatkan ilmu yang belum pernah didapatkan semasa kuliah seperti ilmu strategi digital dan marketing serta promosi secara softselling. Tak hanya mendapat ilmu dasar, ia juga jadi mengetahui lebih banyak tentang kondisi riil di dunia industri.

                Terkadang Fristy juga mengikuti rapat bersama klien. Saat itu ada klien perguruan tinggi swasta yang ingin dibuatkan portal mahasiswa online seperti BinusMaya. Namun rupa-rupanya tidak mudah untuk meyakinkan klien atas ide yang kita tawarkan. Pengalaman ini mengajarkannya bahwa pemahaman dan selera perusahaan dan klien seringkali tidak sama.

                Selama magang Fristy merasa bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengelola waktu. Ia bisa memprioritaskan mana yang lebih penting dan harus didahulukan. Jangan sampai kita bekerja hingga melewati deadline. Selain itu, Fristy juga belajar bahwa komunikasi dalam tim sangat diperlukan agar dapat saling mengerti satu sama lain. Jika memang kita tak bisa menyelesaikan tugas tertentu lebih baik bicarakan secara terbuka sejak awal.

                Program magang ini membuat Fristy menyadari tipe pekerjaan yang ia sukai. Jika dulunya Fristy ingin pekerjaan yang sering keluar kantor, ternyata bekerja di Suitmedia membuatnya berubah pikiran 180 derajat. Rupanya ia lebih betah bekerja di kantor namun tetap menghasilkan karya-karya kreatif. Tak hanya itu, posisinya sekarang juga membuat Fristy bisa selalu mendapat ilmu baru dari manager dan CEO perusahaan lain sehingga ia merasa sangat senang di kantor.

Seru sekali bukan pengalaman magang Fristy!

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.