Famous All Star adalah sebuah agensi yang menjadi perantara antara brand dengan influencer atau artis. Jika sebuah brand ingin mengadakan campaign atau mengeluarkan produk baru yang membutuhkan influencer atau artis tertentu, mereka bisa menghubungi Famous All Star. Sebagai pihak ketiga, perusahaan ini tentunya juga membantu mempromosikan brand atau produk terkait. Famous All Star bekerja baik secara online (platform Instagram, Youtube, dan media sosial lainnya) maupun offline (pengadaan event).

                   Felecia Syadina, Binusian Komunikasi 2021, medapatkan kesempatan magang sebagai project executive di Famous All Star. Tugas yang harus Ia lakukan adalah menjaga KOL (Key Opinion Leader), sebutan untuk influencer atau artis. Fele harus menyelesaikan tanggungjawabnya mulai dari menghubungi KOL, memberikan briefing postingan, meminta materi serta memberikan perintah upload materi, meminta insight, membuatkan KOL Job Order, hingga membuat laporan campaign.

                   Dalam menjalani program magang ini, terutama di saat pandemi, Fele mendapat kesulitan. Sebabnya adalah perubahan sistem kerja karena tidak semua orang bisa pergi ke kantor. Salah satu kasus yang pernah terjadi adalah suatu brand ternama yang postingannya harus diundur padahal seharusnya menurut jadwal sudah terpublikasikan. Kasus semacam ini dapat mengakibatkan pihak KOL maupun manajemen salah paham.

                   Pelajaran yang didapatkan Fele dari magang ini adalah cara berinteraksi dengan berbagai jenis orang. Pengalaman ini mengajarkannya tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan mengatasi jika ada kendala seperti misscommunication. Selain itu Fele juga dapat belajar mengambil keputusan dengan orang- orang yang berbeda karakteristik. Tentunya cara bekerja dan karakteristik management setiap artis selalu berbeda-beda sehingga membuatuhkan strategi yang tidak sama. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Fele. Bukalah hal mudah untuk menjadi mediator antara KOL dengan brand.

                   Setelah periode magang ini berakhir, Fele masih ingin merintis kariernya bersama Famous All Star. Menurutnya perusahaan ini memiliki bisa memberinya banyak pengalaman berharga sehingga Fele yakin untuk melanjutkan kariernya di sini.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.