Menjadi content writer intern di Kawan Lama Group adalah suatu impian bagi Erika. Ia diterima untuk bekerja dalam e–commerce bernama PT. Omni Digitama Internusa atau Ruparupa.com. Erika mendapat kesempatan untuk magang di kantor yang terletak di Jakarta Barat ini selama 1 tahun. Tanggung jawabnya tak hanya menulis artikel namun juga record page view, mengatur letak barang di website, membuat list produk, dan lain sebagainya. Walau pekerjaannya cukup beragam, Erika paling sering membuat artikel untuk diunggah setiap hari.

Ada dua jenis artikel yang perlu dibuat oleh Erika, pertama adalah konten produk-produk Kawan Lama Group seperti Ace Hardware, Informa, Toys Kingdom, Krisbow, Ataru, Kris, dan lain-lain. Produk-produk tersebut akan dijual ke e-commerce ruparupa.com. Erika biasanya menulis mengenai detail dan spesifikasi produk yang dijual tersebut agar orang-orang tertarik untuk membelinya.

Jenis artikel yang kedua adalah tulisan kontemporer seperti layaknya artikel di media daring. Tulisan buatannya sering diposting di beberapa website lain yang sudah bekerja sama dengan Ruparupa seperti Kompas, Tribun, Republika, dan masih banyak lagi. Artikel jenis kedua ini lebih mengarah pada soft selling yang mengajak pembaca supaya tertarik untuk belanja di ruparupa. Oleh karena itu, Erika harus memiliki kemampuan persuasif agar pembaca mau mengunjungi laman ruparupa.com.

                Erika mengaku mendapatkan pengalaman banyak yang sangat berharga selama magang. Sebelumnya saat menduduki bangku perkuliahan, ia hanya menulis hard news atau feature saja, namun sekarang ia harus menulis konten marketing atau advertorial. Ia mendapat banyak ilmu tentang bagaimana cara membuat orang tertarik dengan content yang sudah kita buat. Tidak hanya ilmu membuat konten marketing saja, Erika juga mampu mengasah soft skill manajemen waktu. Hal ini membuatnya menjadi pribadi yang tepat waktu dalam hal apapun. Ia sering dituntut melakukan pekerjaan dengan deadline yang berbeda-beda. Kadang dalam 1 hari Ia harus mengumpulkan beragam pekerjaan dengan deadline yang beragam pula.

                Hal-hal ini membuat Erika tak mau waktu magangnya segera berlalu. Ia sangat nyaman dengan pekerjaannya sekarang karena merupakan magang yang ia impi-impikan. Tertarik untuk magang seperti Erika?

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.