Tak melulu memiliki dampak negatif, media sosial juga mempunyai sisi positif. Dengan adanya teknologi ini kita bisa dengan mudah bertemu serta berinteraksi dengan teman lama yang sudah terpisahkan jarak. Selain itu, kita juga bisa terung mengikuti perkembangan kehidupan keluarga dan teman-teman kita. Beberapa sisi positif lain dari penggunaan media sosial adalah sebagai berikut.

  1. Media Hiburan

Tak dapat dimungkiri, mengakses media sosial bisa membuat kita seakan lupa sesaat dengan berbagai masalah yang sedang dihadapi. Ada begitu banyak video lucu, meme, atau konten-konten hiburan lain yang bisa diakses melalui media sosial. Tentu saja melihat konten semacam ini tidak bisa menyelesaikan masalah kita, namun setidaknya kita bisa dengan mudah terhibur berkat melihat gambar atau video konyol di media sosial.

  1. Akses informasi mudah

Internet membuat kita bisa mengakses informasi kapan pun dan dari mana pun. Kita tak perlu lagi menunggu koran datang atau mencari program berita di televisi. Apabila hendak mencari informasi terbaru tentang kemacetan, kita bisa melihat Twitter. Update terbaru tentang topik apapun juga pasti ada di portal berita daring. Hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa terus mendapatkan informasi terbaru dengan mudah.

  1. Menjalin silaturahmi

Hubungan dengan keluarga, teman, atau siapa pun bisa dikuatkan melalui media sosial. Jika ada teman yang berulang tahun atau menjuarai lomba tertentu, kita bisa menyelamati melalui media sosial. Ketika mereka mengalami peristiwa-peristiwa penting lain dalam hidup, kita pun bisa memberikan dukungan dengan mengetikkan komentar atau sekadar like unggahan tersebut. Gestur kecil semacam ini menunjukkan bahwa kita peduli pada teman tersebut sehingga persahabatan dapat terus terjalin.

  1. Mengasah skill enterpreneurship

Sudah bukan rahasia bahwa di zaman sekarang semua orang bisa menjadi wirausahawan. Semisal kita memiliki hobi memasak atau membuat benda tertentu, produk itu bisa dipasarkan menggunakan media sosial. Untuk mahasiswa dan generasi muda, adanya media sosial sangat membantu proses menjadi pebisnis kecil-kecilan. Kita bisa memulai bisnis dengan membuka akun instagram, memasang iklan di facebook, dan menggunakan jasa paid promote untuk promosi.

Itulah empat sisi positif menggunakan media sosial. Kamu sendiri sudah merasakan manfaat yang mana ketika menggunakan media sosial selama ini?