Cindy Yolanda adalah Binusian 2021 yang mendapatkan posisi Content Writer di PT. KND Indonesia. PT. KND merupakan anak perusahaan Jepang Kyodo News Digital yang memiliki 2 kantor di Indonesia. Kedua kantor yang berada di Jakarta dan Surabaya ini memiliki spesialisasi yang berbeda. Kantor Surabaya fokus sebagai konsultan IT dan Kantor Jakarta lebih condong kepada konten health and wellness  untuk website goodlife.id. Selain di Indonesia, PT. KND juga memiliki perusahaan di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, dan lain-lain.

          Sehari-harinya Yolanda mendapatkan tugas menulis artikel untuk goodlife.id yang berhubungan dengan gaya hidup sehat. Kategori hidup sehat pun masih dibagi lagi menjadi 3 yaitu  food, lifestyle, dan health. Selain itu Yolanda juga harus mencari gambar bebas lisensi untuk artikel yang dibuatnya sebelum diunggah ke website. Untuk sumber artikel yang ditulisnya, Yolanda melakukan kegiatan wawancara dengan narasumber dari berbagai latar belakang, contohnya dari komunitas olahraga serta CEO Yellowfit. Jika tidak bisa melakukan wawancara langsung, maka Yolanda akan melakukan riset dengan internet.

          Karena rutin melakukan riset dan menulis tentang aktivitas hidup sehat, Yolanda jadi lebih banyak tahu tentang gaya hidup yang baik. Hal ini merupakan manfaat dari melakukan magang di PT. KND. Selain itu, Yolanda juga memiliki kesempatan untuk memelajari budaya dan karakter yang berbeda. Hal ini didapatkan dari supervisor-nya yang merupakan orang Jepang. Kegiatan wawancara juga membuat lebih menguasai skill yang dulunya hanya didapatkan di kelas.

            Walau bisa mendapatkan manfaat dari komunikasi antarbudaya, Yolanda tak menampik bahwa komunikasi dengan supervisor yang berasal dari Jepang itu terkadang tidak berjalan lancar. Hal ini terjadi karena sang supervisor tidak fasih dalam berbahasa Indonesia. Untunglah seiring dengan berjalannya waktu, Yolanda makin paham apa yang dikehendaki oleh sang supervisor dan pekerjaan pun bisa berjalan baik.

            Setelah menyelesaikan magang di periode ini, Yolanda berencana untuk mencari posisi lain. Ia sudah mendapatkan pengalaman berharga selama magang beberapa bulan ini.

Begitulah pengalaman Yolanda, kamu mau juga magang seperti dia?

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.