People Innovation Excellence
 

Bersama Membangun Karakter Generasi Unggul (Bechmarking CBDC Binus Malang dengan MKU Universitas Ciputra Surabaya)

Pada hari Rabu, 28 Juli 2020 Tim Character Building Development Center (CBDC) Binus Malang bersama dengan rekan-rekan dosen CBDC Binus Jakarta berkesempatan untuk melakukan sharing knowledge atau Benchmarking bersama dengan rekan-rekan dosen MKU dari Universitas Ciputra Surabaya. Agenda ini dilakukan secara online melalui zoom meeting sebagai bentuk ketaatan pada himbauan social distancing yang dikeluarkan oleh pemerintah selama masa waspada pandemi kali ini. Benchmarking tersebut dimulai pada pukul 10.00 hingga 11.30 WIB dengan sesi pembukaan oleh Bapak Robert T. Herman selaku pimpinan Binus Malang dan Bapak Frederikus Fios selalu perwakilan tim CBDC Universitas Binus Jakarta.

Sesi berbagi pengalaman ini diikuti oleh tim perwakilan lengkap dari masing-masing pihak. Dari Tim CBDC Universitas Binus Jakarta hadir Bapak Frederikus Fios, Ibu Adsina Fibra, Ibu Murty Magda Pane, dan Bapak Iqbal. Sedangkan Tim Dosen Pangampu MKU Universitas Ciputra diwakili oleh bapak Johan Hasan dan Ibu Lili Kristianti, serta Tim CBDC Binus Malang ialah Bapak Priskardus Candra, Ibu Yuventia Prisca, Bapak Faishal Hilmy, dan Ibu Dika Pandanari.

Proses Benchmarking kemudian dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing anggota tim pengajar, pemaparan selayang pandang, dan sharing program kegiatan tiap-tiap tim, baik yang berada dalam koridor akademik maupun yang dibangun dalam keseharian kehidupan kampus. Dalam perkenalan masing-masing program, tim CBDC Binus Malang dan Jakarta, serta Tim pengampu MKU Universitas Ciputra melakukan proses sharing seputar metode pembelajaran, aktivitas pembelajaran dalam kelas dan luar kelas, hingga kegiatan di unit seperti proyek bertema charity dan kreatif bersama para mahasiswa. Dalam kesempatan ini Bapak Priskardus Candra selaku perwakilan dari koordinator Tim CBDC Binus Malang juga memaparkan semangat Character Building di Binus yang merupakan pengejawantahan dari SPIRIT Binusian (Striving for Excellence, Preseverence, Integrity, Respect, Innovation, and Teamwork).

Salah satu hal menarik yang dapat ditemukan pada Benchmarking kali ini adalah kekhasan baik dari Tim CBDC Universitas Binus Jakarta dan Malang serta Tim Pengampu MKU Universitas Ciputra dalam usahanya menghantarkan ide-ide ke-Indonesia-an dalam kehidupan kampus. Seluruh peserta Benchmarking mengakui bahwa yang terpenting dari pendidikan karakter, pendidikan Pancasila, kewarganegaraan, dan agama adalah munculnya kesadaran serta hadirnya perilaku mahasiswa yang sesuai dengan nilai-nilai kebaikan. Output dari pendidikan karakter dan mata kuliah umum tidak hanya semata-mata bergantung pada nilai yang didapatkan mahasiswa di dalam kelas melainkan juga bagaimana penyikapan mahasiswa dalam dunia profesional dan keseharian. Seluruh mahasiswa (baik WNI maupun WNA) perlu mengetahui latarbelakang terbentuknya Republik Indonesia serta bagaimana kehidupan sosial-relijius-politik-hukum-budaya terbentuk serta berlangsung di Indonesia. Di samping itu sikap peduli dan kritis harus terus dipupuk melalui berbagai mata kuliah dan kegiatan yang diampu oleh tim dosen CBDC dan MKU. Sebagaimana diketahui bahwa ilmu sosial bukan hanya merupakan ilmu yang dapat diperdebatkan melainkan juga bermula dan harus mampu dipraktekkan, seluruh peserta Benchmarking percaya bahwa output terbaik dari progam pembelajaran mata kuliah Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama (ditambah MK Menjadi Indonesia di Universitas Ciputra) di dalam kelas dan di luar kelas merupakan gerak nyata dari para mahasiswa untuk berbuat selaras dengan nilai-nilai yang diajarkan.

Dalam sharing dan diskusi kali ini para peserta juga mendiskusikan masa depan, permasalahan, serta tantangan tiap mata kuliah umum yang diampu. Benchmarking kali ini ditutup dengan harapan-harapan agar tantangan dalam pengembangan karakter mahasiswa, khususnya yang berhubungan dengan proses pembelajaran mata kuliah umum dapat segera menemukan titik solusi yang tepat. Para peserta Benchmarking juga tak lupa untuk menyampaikan doa agar era pandemi segera berakhir sehingga pertemuan daring tersebut dapat selanjutnya tersambung melalui silaturahmi tatap muka secara langsung. Benchmarking bersama rekan-rekannya dosen MKU Universitas Ciputra kali ini menyisakan berbagai refleksi dan insipirasi yang selanjutnya dapat menjadi bahan pengembangan bagi rekan-rekan CBDC Binus untuk terus menjalankan tugas sebagai penggerak pembangunan Binusian yang berkarakter unggul.


Published at :
Written By
Dika Pandanari, SP, S.Fil, M.Sos
Dosen CB | Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close