Dalam dunia kerja, hard skill dan soft skill adalah dua hal yang sama-sama penting dan tak bisa dipisahkan. Untuk membangun karier, kita perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Komunikasi bukanlah sekadar pertukaran ide dan informasi, kemampuan berkomunikasi bisa membuat kita mampu memengaruhi orang lain, mendapatkan apa yang kita inginkan, hingga melakukan kerja tim dengan efektif. Sebagian besar tempat kerja bahkan menomorsatukan skill berkomunikasi dibandingkan kemampuan-kemampuan yang lain. Jelas bahwa komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia profesional. Orang sepintar apapun tak akan bisa bekerja dengan baik bila ia tidak mampu berkomunikasi dengan baik dengan timnya. Jadi apa saja sih keuntungan memiliki skill komunikasi di dunia kerja?

  1. Meningkatkan teamwork

Tim yang solid memiliki pola komunikasi baik. Jika para anggota tim tidak bisa berkomunikasi, maka pekerjaan pasti tidak bisa diselesaikan dengan baik. Pastikan kita selalu terbuka dan banyak berinteraksi dengan tim sehingga bisa saling memahami.

  1. Toleransi

Komunikasi bisa dijadikan awal untuk menghargai perbedaan. Terkadang kita telanjur mengecap orang lain dengan dugaan-dugaan awal yang kita interpretasi sendiri. Padahal, kalau kita mau terbuka dengan orang tersebut, bisa jadi kita sebenarnya cocok dan bisa berteman baik dengannya. Jadi jangan langsung menilai orang lain, belajarlah untuk terbuka pada semua orang di lingkungan kerja kita.

  1. Menyelesaikan konflik perusahaan

Memang tidak semua konflik bisa diselesaikan dengan komunikasi, namun banyak masalah yang terjadi karena komunikasi antar staff tidak berjalan lancar. Ketika kita bicara dengan intonasi yang tidak tepat atau mimik tak ramah, lawan bicara kita bisa saja tersinggung. Hal-hal seperti ini bisa dan harus dihindari. Jangan sampai karena kita lalai berkomunikasi, masalah di perusahaan jadi bertambah banyak.

  1. Meningkatkan motivasi

Komunikasi juga sangat berguna untuk memotivasi sesama rekan kerja. Bos tentu selalu menyemangati bawahannya agak pekerjaan di divisi tersebut bisa diselesaikan dengan baik, namun sebagai sesama staff atau rekan unit sekalipun kita juga bisa saling memotivasi.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.