Website content aggregator merupakan suatu situs atau aplikasi yang menggabungkan sejumlah berita dari beberapa situs berita lain. Contoh content aggregator adalah Google News, Yahoo News, dan Line Today. Di masa digital seperti saat ini banyak orang yang memilih untuk mengakses berita dari website aggregator karena lebih praktis praktis. Ketimbang membuka dari satu portal, website atau aplikasi ini sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber lain. Keunggulan ini membuat kita bisa membaca berita dari banyak sumber tanpa perlu mengunjungi masing-masing laman aslinya.

 Menurut riset, jumlah pengguna media online terus menurun dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan lebih banyak orang yang memilih untuk mengakses media sosial media untuk mencari informasi ketimbang mencari dari media massa daring. Banyak website juga mengeluhkan hal serupa karena pengunjung mereka berpindah ke website aggregator ini. Apabila orang sudah menggunakan aplikasi chatting Line, biasanya dia akan mendapatkan berita dari Line Today. Sama halnya jika kita menggunakan email Yahoo News, biasanya kita membaca berita yang disarankan juga oleh Yahoo News.

Saat ini salah satu aplikasi konten aggregator yang paling populer di Indonesia adalah Line Today. Lahir di tahun 2016, aplikasi yang awalnya hanya memiliki fitur chatting ini merupakan pionir konten aggregator dalam aplikasi media sosial. Konten dalam line today pun dikemas dengan menarik berdasarkan topik sehingga pembaca bisa digiring untuk membaca berita-berita selanjutnya yang disarankan oleh Line Today.

Kehadiran Line Today  ini tentu membawa dampak baik positif  maupun negatif. Dampak positif yang didapat yaitu kemudahan mendapatkan informasi up to date setiap saat. Fitur komentar, like, dan dislike juga membuat pengguna bisa memberikan umpan balik pada setiap berita. Sedangkan dampak negatifnya adalah konten-konten yang bersifat click bait terkadang tidak tersaring dengan baik sehingga pembaca mau tak mau jadi terjebak membuka konten yang tidak berkualitas.

 Sebagai platform yang terus meningkat penggunanya, Line Today telah menjadi sumber informasi bagi jutaan orang. Mereka juga sudah memiliki lebih dari 100 mitra media yang mengisi konten untuk Line Today. Untunglah mereka memiliki fitur pengecekan hoax dan seleksi informasi agar jangan sampai berita yang tidak benar ikut tersebar. Semoga saja fitur ini bisa semakin berkembang dengan baik sehingga hanya berita berkualitas saja yang akan ditampilkan pada Line Today.

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.