Selain pengetahuan akan bidang yang dipelajari, soft skill merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa. Secara definisi, soft skill adalah kecerdasan emosional, kepribadian, keterampilan sosial dan komunikasi, yang dapat mendukung kita dalam bekerja serta berhubungan dengan orang lain. Soft skill adalah kemampuan non-teknis yang mendukung hard skills. Pada dasarnya kita sudah memiliki berbagai skill ini sejak kecil hingga tumbuh dewasa, namun pada sebagian besar orang kemampuan-kemampuan ini belum terasah. Dengan bimbingan yang tepat, berbagai skill ini dapat diasah dengan baik sehingga bermanfaat bagi mahasiswa tersebut.

Setiap lulusan Binus University sudah dilatih dengan 6 key soft skills yang telah ditentukan oleh pihak universitas. Enam kemampuan ini dijamin akan mendukung mahasiswa dalam bekerja sebagai profesional atau berwirausaha.

  1. Self Management

Sebagai individu yang unik, setiap mahasiswa harus bisa mengelola diri sendiri, bertanggung jawab, dan mengetahui apa yang harus ia lakukan. Self management menjamin terselesaikannya setiap project yang kita lakukan dengan maksimal serta dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Poin ini juga menyangkut bagaimana kita mengelola emosi, menjadi pribadi yang berintegritas, serta terus mengembangkan diri menjadi lebih baik. Tanpa adanya karakter dan kepribadian yang kuat, maka seorang individu tidak akan bisa menjadi orang yang sukses.

  1. Team Work

Di dunia dewasa ini tak ada lagi pekerjaan yang bisa dilakukan seorang diri. Bahkan seorang enterpreneur pun harus bekerja sama dengan staff, pembeli, dan pemasoknya. Kemampuan kerjasama dengan tim sangat krusial karena kinerja optimal sebuah tim selalu lebih baik dibandingkan pekerjaan satu orang saja. Selain lebih cepat, project yang dikerjakan oleh tim merupakan gabungan ide dan kerja keras dari beberapa anggota sehingga hasilnya tentu lebih baik.

  1. Communication

Sebagai mahasiswa yang berkuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi, tentu kita tahu bahwa komunikasi merupakan kunci utama dari sinergi tim. Tanpa adanya komunikasi yang baik, sebuah tim tidak akan bisa bekerjasama dengan baik. Setiap orang punya pola pikir dan pendapat yang berbeda. Gaya bekerja dan berbicara pun selalu bervariasi pada tiap-tiap individu. Semua perbedaan ini tidak bisa dipaksakan untuk menjadi sama, namun dapat dijembatani oleh komunikasi. Karena itulah skill komunikasi sangatlah penting. Tanpa adanya kemampuan berkomunikasi yang baik, sebuah tim tidak akan bisa bekerja sama dengan efektif dan efisien.