People Innovation Excellence
 

pentingnya proses handshake pada pemrograman pada jaringan

Proses Handshake terjadi pada saat client mencoba menyambungkan koneksi dengan server. Pada saat client akan konek, kondisi pada server adalah listening pada port yang sudah disediakan. Proses handshake pada TCP ada 3 langkah .

Pertama client mengirim pesan SYN kepada server untuk meminta koneksi. Kemudian server mengirim konfirmasi pesan telah diterima dengan pesan ACK dan meminta konfirmasi client apakah sudah siap menerima koneksi dengan mengirim SYN bersamaan dengan ACK yang sebelumnya. Ketika client menerima pesan SYN+ACK, client mengetahui bahwa server siap berkomunikasi dan oleh sebab itu client membalas ACK kepada server sebagai penanda bahwa client siap menerima koneksi.

Handshake penting karena untuk menjamin bahwa sambungan yang akan dibuat akan dapat diandalkan selama terjadi komunikasi data. Data yang dikirimkan menjadi lebih valid dan utuh setelah handshake terjadi. – Handshake juga dibutuhkan ketika akan memutus koneksi. Hal ini mencegah ketika salah satu pihak tiba tiba memutuskan diri sedangkan pihak satunya sedang menerima/mengirim data sehingga koneksi soket terputus (broken pipe) dan bisa menyebabkan malfuungsi soket. Cara yang biasa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan handshake, dengan mengirimkan pesan akan memutus koneksi, maka kedua belah pihak tahu bahwa koneksi akan diputus dan telah bersiap untuk memutus koneksi. Sehingga setelah koneksi diputus tidak ada salah satu pihak yang masih mengunggu data dan menghambat koneksi lain yang sedang berjalan atau yang akan tersambung


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close