People Innovation Excellence
 

Pengalaman Kuliah Ilmu Komunikasi di Binus Malang (1)

Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang sudah saya idam-idamkan sejak menduduki bangku SMK. Sebenarnya awalnya saya tidak sengaja memilih jurusan broadcasting saat SMK. Namun materi yang saya pelajari ternyata sangat menarik sehingga saya memutuskan untuk kuliah di program studi Ilmu Komunikasi.

Awalnya saya menemukan Binus University Jakarta dan mulai mencari informasi mengenai jurusan, prospek kerja, hingga biaya perkuliahan sampai lulus. Seiring berjalannya waktu, ternyata saya menemukan Binus Kampus Kota Malang. Pada waktu itu nama kampus ini bukan Binus University Malang, melainkan masih ITK Binus Malang. Hal itu tak membuat saya ragu karena adanya program 2+1+1 yang dapat saya manfaatkan untuk merasakan kuliah di kampus Jakarta dan Malang. Di sisi lain, keuntungan yang saya dapatkan adalah biaya perkuliahan yang lebih terjangkau padahal Binus Malang memiliki kualitas yang sama dengan Binus di kota-kota lain seperti Jakarta, Bekasi, dan Bandung.

Saat pertama kali masuk sebagai mahasiswa baru, saya hanya memiliki 7 orang kakak tingkat di Jurusan Teknik Informatika dan Business Creation. Saya beserta teman-teman Ilmu Komunikasi 2021 merupakan angkatan pertama di jurusan kami ini. Awalnya saya cukup kaget karena dalam satu kelas kami jumlahnya hanyalah 10 orang dan semua perempuan. Namun setelah waktu berjalan, kami justru bisa belajar dengan fokus dan mampu menangkap ilmu yang diberikan oleh para dosen dengan cepat. Rasanya seperti les private.

Mata kuliah yang diajarkan sangatlah beragam. Saya tidak hanya belajar mengenai teori dan praktik komunikasi, namun juga ilmu entrepreneur. Contohnya, sebagai mahasiswa saya mendapatkan materi kewirausahaan yang diajarkan secara terintegrasi jika nantinya saya memutuskan untuk menjadi pengusaha. Untuk meningkatkan perkembangan karakter, saya juga diberi mata kuliah Pancasila yang masuk dalam kategori character building. Terakhir, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah riset dan statistik untuk mendukung pelaksanaan penelitian saat skripsi ataupun ketika bekerja kelak.

Dosen-dosen Ilmu Komunikasi juga menyenangkan dan begitu perhatian. Mereka selalu mendukung saya dan teman- teman untuk giat belajar dan terus berkarya. Tentunya hal itu membuat kami sebagai mahasiswa baru sangat bersemangat. Ditambah lagi para dosen juga berkualitas dan ahli di bidangnya. Meski di kampus lama fasilitas kami (seperti lab konten produksi) belum selengkap sekarang, dosen tetap mengajarkan mata kuliah praktik di ruang kelas biasa. Kami sebagai mahasiswa pun tetap belajar dengan semangat.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close