Presentasi merupakan bagian dari public speaking. Pengertian dari public speaking adalah komunikasi lisan yang dapat berupa ceramah, pidato, storytelling, dan berbagai jenis pembicaraan yang dilakukan di depan umum atau orang banyak. Banyak orang yang mengalami demam panggung atau gugup dan takut saat akan melakukan public speaking. Hal ini adalah cukup wajar karena tidak semua orang memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk menjadi public speaker.

Meski terkesan sulit, sebenarnya kemampuan public speaking dapat dilatih. Dengan memelajari teknik-teknik tertentu dan banyak melakukan latihan secara rutin, kita dapat mengatasi demam panggung saat berbicara di depan umum. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita dapat menjadi seorang public speaker yang andal.

  1. Percaya diri

Kunci utama menjadi seorang pembicara adalah percaya diri. Yakinlah bahwa kita bisa dan segala sesuatu akan berjalan dengan lancar. Ketakutan atau rasa tidak percaya diri dapat terlihat dengan jelas di depan umum. Bila kita saja tidak yakin dengan diri sendiri, bagaimana kita bisa meyakinkan orang lain? Lawan juga rasa takut dengan melakukan relaksasi. Tarik napas panjang, atau pikirkan hal-hal yang bisa membuat kita tenang. Dengan mengatur napas dan bersikap tenang maka kita sendiri akan merasa lebih percaya diri.

  1. Kuasai materi

Supaya bisa percaya diri, pertama-tama kita harus menguasai materi yang akan disampaikan. Jangan sampai kita hanya membaca slide atau membawakan materi yang kita sendiri belum pernah belajar. Saat akan menjelaskan sesuatu ke orang lain kita harus sudah benar-benar paham agar bisa menerangkan dengan baik. Apabila materi yang akan disampaikan sangat sulit, kita juga perlu berlatih terlebih dahulu. Latihan presentasi juga akan membuat kita bisa memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk presentasi tersebut.

  1. Body Language

Tunjukkan body language yang tepat agar terlihat meyakinkan dan kredibel di depan audiens. berdirilah dengan tegap, tunjukkan mimik yang tegas, serta bicara dengan suara yang lantang. Jika kita menunduk atau bicara dengan suara pelan, orang bisa menganggap kita takut atau tak percaya diri. Kontak mata dan gerakan tubuh juga bisa mendukung materi yang kita sampaikan. Segala bentuk komunikasi nonverbal yang kita lakukan sangatlah penting untuk menunjukkan pribadi yang kredibel.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Comunication Angkatan 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.