Mengikuti Jejak Sukses Wirausahawan Jeff Bezos (3/3)

Seperti apakah prinsip Wirausaha Jeff Bezos ?.

Teguh Pendirian

Seperti diketahui selama ini Bezos lebih menikmati bekerja dibelakang layar, beberapa tahun terakhir Bezos menghiasi media dengan penampilan sosial. Bezos memahami bahwa untuk tetap relevan dan berkembang, ia harus bersedia untuk beradaptasi. Tetapi ia juga harus tahu kapan harus menggambar garis. Baginya, itu berarti tetap berpegang pada visi besar sambil membiarkan bagian-bagian bergerak yang lebih kecil berfluktuasi.

Sekalipun ia termasuk orang yang demokratis dalam memimpin, namun ia sangatlah teguh pendirian. Ia tak pernah berkompromi dengan apapun, jika dirasa kurang baginya maka tidak adak diikuti. Ia menulis dalam Prinsip Kepemimpinan Amazon, “Pemimpin memiliki keyakinan dan ulet. Mereka tidak berkompromi demi kohesi sosial. Setelah keputusan ditentukan, mereka berkomitmen sepenuhnya”[1].

Seperti yang dilakukan Bezos, maka buatlah daftar item visi besar anda. Tempelkan visi tersebut di tempat yang dapat anda lihat setiap hari. Itu adalah hal-hal yang anda tidak dapat dikompromikan.

Memiliki pemikiran besar

Amazon bukanlah satu-satunya hal yang dimiliki oleh Bazos. Di tahun 2000an, diam-diam Bazos mendirikan Blue Origin, sebuah perusahaan eksplorasi ruang angkasa, untuk memenuhi impiannya yang terakhir tidak hanya menjelajahi ruang angkasa yang dalam, tetapi akhirnya menjajah planet-planet lain sebagai opsi cadangan untuk Bumi. Selain itu ia juga memiliki saham lumayan besar di Washington Post, sebuah perusahaan media [1].

Bezos sangat memikirkan bagaimana nanti ia menjalani masa tuanya, dengan menanam banyak saham diperusahaan besar, masa tua Bezos tentu sangatlah terjamin. Apa pelajaran dari cerita Jeff Bezos menurut anda?.

Reference:

  1. Meis, C. (2018, July 31). Jeff Bezos Says These Are the 5 Secrets to Success. Retrieved January 6, 2019. From https://www.success.com/jeff-bezos-says-these-are-the-5-secrets-to-success/
  2. Muliana, V. A. (2018, January 22). 2 Rahasia Sukses Jeff Bezos Orang Terkaya Dunia. Retrieved January 6, 2019. From https://www.liputan6.com/bisnis/read/3232938/2-rahasia-sukses-jeff-bezos-orang-terkaya-dunia
  3. (2018, September 24). Jeff Bezos Biography. Retrieved January 6, 2019. From https://www.biography.com/people/jeff-bezos-9542209