Status code biasanya berupa angka yang dikirimkan ketika request terjadi. Kode ini biasanya berada protocol HTTP. Status request pada HTTP berupa angka 3 digit yang dikirimkan. Ada 5 jenis kelompok kode respons : 100- 199 untuk respon informasi, 200-299 untuk respon sukses, 300-399 untuk respons redirect, 400-499 untuk respon error pada client, 500-599 untuk error pada server.
Ketika client mengirimkan request kepada server dan server membalas dan client menerimanya maka akan muncul respons HTTP berupa kode. Jika sukses maka kode akan berupa 200 yang diartikan OK. Jika respons ini diterima maka berarti request kita berhasil dikirim dan diterima. Kode 200 ini berlaku pada beberapa request :
GET yang berarti resource telah diambil dan dikirimkan dalam bagian body pesan, HEAD adalah header dari body pesan, PUT atau POST adalah resource yang menjelaskan hasil dari aksi yang dikirimkan dalam body pesan, TRACE berisi pesan request yang diterima oleh server. Jika method-method tersebut berhasil dikirimkan maka status akan menunjukkan 200 OK.

Kode dalam range success yang lain adalah 201 Created yang berarti request telah berhasil dikirimkan dan resource baru telah dibuat. 201 biasanya terdapat setelah mengirimkan method PUT atau
POST menuju server. Range lainnya adalah range respon error. Range ini berada pada angka 400 sampai 499. Ketika sebuah request dikirim dan ternyata resource yang diminta tidak tersedia maka request tersebut akan mengembalikan nilai error berupa kode dalam ngange ini. Salah satunya adalah 400 Bad Request. Respon ini menandakan bahwa server tidak dapat mengenali request yang diberikan karena syntax yang dikirim tidak valid dan tidak dapat dikenali server. Hal ini dapat terjadi jika request yang dikirim salah atau terjadi kesalahan integritas data.

Kedua adalah respon 403 yang berarti forbidden. Resource yang diminta oleh client tidak dapat diakses oleh client karena client tidak memiliki akses terhadap resouce tersebut sehingga server merespon 403. Yang terkenal adalah respon 404 not found yang berarti resource yang diminta tidak ditemukan oleh server dalam sistem internalnya sehingga tidak dapat mengembalikan request yang diminta.
Range selanjutnya adalah range 500-599 yang berarti server error respons. 500 Internal server error berarti bahwa server mengalami situasi dimana server tidak tahu bagaimana menghandle situasi tersebut. 502 bad gateway berarti gateway yang menangani response tersebut membalas pesan yang invalid sehingga terjadilah error.