Design Sprint adalah kerangka desain produk fleksibel yang berfungsi untuk memaksimalkan peluang wirausaha membuat sesuatu produk atau layanan yang diinginkan orang. Ini adalah upaya sangat cocok dilakukan oleh tim kecil di mana hasilnya akan menentukan arah untuk produk atau layanan. Design Sprint diciptakan oleh Jake Knapp dan dikembangkan di Google Venture pada tahun 2010 [3]. Design Sprint membantu seluruh tim untuk mendapatkan tujuan dan arah dengan jelas. Saat tim yang anda miliki sedang membutuhkan suntikan motivasi, maka Design Sprint bisa menjadi solusinya. Atau untuk anda yang baru memulai bisnis juga sangatlah cocok menggunakan konsep ini untuk mengetahui keinginan konsumen dan hal apa yang ingin anda tawarkan melalui produk yang anda miliki [1]. Hanya dalam lima hari mendesain produk atau layanan yang siap dan sukses diluncurkan ke pasar.

 

Penggunaan Design Sprint

Lalu kapan saat yang tepat Design Sprint digunakan?.

Design Sprint ini dapat digunakan pada saat:

  1. Awal Proyek

Anda dapat menggunakan Design Sprint pada saat anda memulai inovasi konsep produk yang akan anda gunakan. Ini bekerja dengan baik ketika anda menjelajahi peluang dengan tujuan menghasilkan konsep-konsep asli yang akan diuji di dunia nyata.

  1. Ditengah Proyek

Design Sprint digunakan untuk memperluas konsep yang sudah anda miliki atau dengan kata lain sebagai mengeksplorasi cara-cara baru untuk menggunakan produk-produk yang sudah ada.

  1. Proyek yang Matang

Design Sprint dapat dijadikan sebagai menguji suatu produk. Ini akan membuat anda lebih fokus terhadap suatu aspek yang harus anda diperbaiki dalam suatu produk [1].

 Reference

  1. Banfield, R., Lombardo, C. T., & Wax, T. (2015). Design Sprint: A Practical Guidebook for Building Great Digital Productsdesign. United States of America: O’Reilly Media, Inc.
  2. Knapp, J., (2016). Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days. New York: Simon & Schuster.
  3. (2017, November 9). Memahami Google Design Sprint Demi Kesuksesan Bisnis. Retrieved January 1, 2019. From https://www.dewaweb.com/blog/google-design-sprint/