People Innovation Excellence
 

Social Media, Dari Petani Untuk Negeri

Di era 4.0 bukanlah hal yang baru ketika setiap orang menggunakan social media, apalagi pada zaman kaum gen z sekarang ini, social media tetap menduduki peringkat satu sebagai salah satu situs yang paling ramai dikunjungi. 3, 8 milyar orang ternyata sudah menggunakan social media dari 4,5 milyar pengguna internet dunia. Jadi dapat dibayangkan jika ada 10 orang berkumpul, 8 orang diantaranya telah menggunakan social media (Berdasarkan laporan Digital 2020 yang dilansir We Are Social dan Hootsuite). Ada beberapa tren social media tahun 2020 yaitu Instagram, twitter dan facebook (menurut We Are Social dan Hootsuite)

 

Malang merupakan salah satu wilayah yang memiliki sektor agrobisnis terbesar di provinsi jawa timur. Tak heran jika banyak warga masyarakat yang tinggal di desa masih banyak yang berprofesi sebagai petani. Petani? Mungkin jika mendengar kata petani, pasti yang terlintas dibenak masing-masing orang adalah petani merupakan profesi jaman dulu (kuno), pendapatannya kecil, tidak sejahtera, biasanya ditekuni oleh masyarakat kalangan bawah. Nah namun hal ini dapat ditepis oleh fakta bahwa mulai bermunculan petani milenial di kota malang jawa timur. Contohnya seperti salah satu owner “abang sayur organik” (buah dan sayur organik ) di malang dinobatkan sebagai petani milenial oleh kementrian pertanian tahun 2020 (dilansir dari www. mediaindonesia.com).

 

Trend masyarakat milenial saat ini untuk kembali ke alam (back to nature) telah menyebabkan permintaan produk pertanian organik di seluruh dunia tumbuh pesat sekitar 20% per tahun. Sehingga diperkirakan pada tahun 2010 pangsa pasar dunia terhadap produk pertanian organik akan mencapai U$ 100 milyar (Ditjen BPPHP Deptan, 2001) (dilansir dari http://balittanah.litbang.pertanian.go.id). Melihat peluang ini, para petani milenial ini menggabungkan kebiasaan gen z (hampir semua serba digital/online) dengan peluang usaha agrobisnis jaman sekarang yaitu usaha sayur dan buah-buahan organik. Tujuannya apa? Tujuannya untuk memperkecil gap antara produsen dan customer, dengan cara apa? Yaitu dengan cara menggunakan social media (khususnya saat ini social media yang paling sering digunakan yaitu Instagram). Nah jika dia dapat menjadi petani milenial zaman gen z menggunakan social media, bagaimana dengan kamu?


Published at :
Written By
Wina Permana Sari, S.T., M.Kom.
Lecture | Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close