Film merupakan salah satu jenis tayangan yang selalu dinantikan oleh banyak orang. Selain menghibur, seringkali kita juga bisa memelajari hal baru dari menonton film. Bagi kalian yang tertarik dengan ilmu komunikasi, menonton film seharusnya merupakan kesempatan untuk melihat apakah prinsip-prinsip yang kalian pahami sudah diterapkan dengan baik dalam produk media yang satu ini. Apa saja sih hal-hal yang bisa kita lihat dalam film dari sudut pandang ilmu komunikasi?

  1. Representasi

Secara sederhana, representasi adalah sesuatu yang mewakili satu hal lain. Dalam konteks film, biasanya konten film dapat mewakili budaya/pemikiran/konsep tertentu yang ada di dunia nyata. Contohnya representasi kaum kulit hitam dalam film x atau representasi kecantikan dalam film y. Menelaah representasi dalam film membuat kita bisa mengetahui bagaimana sebuah budaya/pemikiran/konsep digambarkan dalam media. Seperti yang kita ketahui, media memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir masyarakat, apa yang ditampilkan oleh media sangat mungkin memengaruhi bagaimana cara kita memandang dunia. Misal kita selalu melihat film Hollywood dan menyaksikan bahwa orang kulit putih adalah ras yang paling hebat dan kuat, maka kita akan memiliki pandangan bahwa orang kulit hitam tidak sebaik mereka. Hal ini salah, namun karena sering ditampilkan oleh media maka seakan-akan menjadi benar. Itulah salah satu contoh pengaruh representasi dalam kehidupan kita.

  1. Efektivitas Komunikasi Verbal dan Non-verbal

Dalam sebuah film kita bisa melihat dengan jelas bahwa komunikasi (baik verbal maupun non-verbal) sering menjadi penyebab utama munculnya permasalahan. Cerita seperti ini sering sekali ditemui dalam genre film drama. Bila kita sudah mengetahui prinsip-prinsip ilmu komunikasi, tentu saat menonton film kita bisa ikut melihat bagaimana seharusnya para tokoh dalam film itu memperbaiki cara berkomunikasinya. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dengan belajar dari kesalahan orang lain, termasuk dari plot film, kita bisa terhindar dari melakukan kesalahan yang sama di kehidupan nyata.

  1. Kisah Nyata Jurnalistik

Saat ini sudah banyak film yang mengangkat tema jurnalistik seperti Zodiac (2007) dan Spotlight (2015). Dengan menonton film bertemakan jurnalistik, kita bisa melihat secara langsung bagaimana jurnalis bekerja, bagaimana sulitnya berpegang teguh pada etika jurnalistik, dan memahami seluk-beluk pekerjaan jurnalis. Film-film bertema jurnalistik biasanya diangkat dari kisah nyata sehingga kita juga bisa memperkaya wawasan dengan menonton film.

Kamu sendiri biasanya mendapatkan ilmu apa dari menonton film?