Raspberry pi adalah sebuah perangkat SBC (Single Board Computer) dengan kemampuan dan fitur yang luar biasa. Dengan dimensi yang cukup kompak, tidak lebih dari 9 cm x 6 cm. Namun dengan ukurang yang sekecil itu telah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti jalur komunikasi digital 40 pin, prosesor dengan tipe ARM, memori yang cukup besar (minimal 1 GB), dan telah dilengkapi dengan media komunikasi nirkabel, yaitu WIFI dual band pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz 802.11 b/g/n/ac, serta Bluetooth versi 5.0 dengan konsumsi daya yang cukup rendah.

Untuk mengoptimalkan kinerja dari semua fitur tersebut dibutuhkan sistem operasi yang handal. Jika berbicara mengenai OS untuk Raspberry Pi maka ada 2 pilihan yang dapat anda coba, yaitu : Linux dan Windows. Akan tetapi tidak semua versi windows dapat digunakan pada raspi, dikarenakan arsitektur prosesor yang digunakan berbeda dengan PC atau laptop pada umumnya. Raspi menggunakan prosesor berbasis ARM, sedangkan PC atau laptop menggunakan prosesor berbasis X86. ARM  dipilih karena digunakan secara luas untuk smartphone dan konsumsi daya yang rendah apabila dibandingkan dengan seri X86. Oleh karena itu, versi windows yang dapat digunakan untuk raspi adalah versi Windows 10 IoT.

Sedangkan untuk versi linux, ada sedikit perbedaan pola pikir jika dibandingkan dengan distro linux pada umumnya. Karena ukuran yang kecil dan didukung dengan prosesor yang cukup cepat, maka raspi seringkali digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, oleh karena itu maka daftar distro linux dibawah akan dikategorikan berdasar kegunaan masing masing.

  1. Gaming, raspi dapat digunakan untuk kebutuhan game, mulai dari emulasi game (NES, SNES, Nitendo 64, hingga emulasi PS). Untuk kebutuhan ini ada beberapa distro yang dapat digunakan, antara lain:
    1. Lakka: menggunakan platform RetroArch emulator dengan ekosistem libretro.
    2. Retropie : menggunakan platform Debian, dan diakui sebagai OS yang paling baik untuk kebutuhan emulasi game oleh penggiat linux.
  2. Media player, saat ini ukuran TV berkembang menjadi lebih besar dan dengan resolusi yang baik, sehingga banyak orang menambahkan perangkat media player yang terhubung ke TV. Karena harga yang cukup terjangkau dan dapat dihubungkan pada media penyimpanan eksternal (flasdisk, HDD eksternal) maka raspi mempunyai potensi menjadi media player. Beberapa OS yang dapat digunakan antara lain:
    1. LibreELEC: pengembangan dari OpenELEC sehingga mempunyai performa yang lebih baik.
    2. OSMC : Dikembangkan dari KODI OS, dan mempunyai fitur yang melimpah
  3. Untuk kegiatan sehari hari, hampir semua distro linux menyediakan varian yang telah disesuaikan dengan arsitektur ARM, antara lain:
    1. Raspbian
    2. Ubuntu, ubuntu mate
    3. RaspBSD
    4. Kali Linux
    5. Alpine linux