Desain merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam komputer, mulai dari sejarah awal ditemukan komputer sampai sekarang tidak lepas dari desain, bahkan dalam computer science ilmu desain menjadi salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa. Dengan desain ini, komputer yang mulanya membosankan sehingga menjadi lebih interaktif dan user friendly. Dalam desain komputer yang tidak kalah pentingnya yaitu aspek kognitif dalam komputer. Sudah menjadi hal umum bahwa manusia cenderung untuk merubah perhatian jika dihadapkan pada beberapa pekerjaan (multiple tasks), atau fokus pada satu pekerjaan dalam waktu yang lama. Semisal kita fokus dalam satu pekerjaan yaitu deadline menyelesaikan laporan untuk diselesaikan besok pagi, dilain sisi masih banyak kekurangan yang harus diselesaikan.  Disinilah muncul rasa kepanikan, dalam waktu yang bersamaan smarphone anda menyala ada pesan masuk, anda meninggalkan laporan, diwaktu yang sama juga anda melihat postingan facebook, melihat tweeter, instagram, line, Whaataps, hingga tak terasa sudah larut malam, anda makin panik, dimana laporan untuk besok masih belum nyampek 50% nya. Nah dinisilah perananan penting aspek kognitive dipelajari dalam komputer science.

Aspek kognitif desain komputer ini, akan membantu pemahaman terhadap bagaimana kemampuan dan batasan manusia ketika berhadapan dengan teknologi. Aspek kognitif akan memberikan pemahaman tentang bagaimana merancang Interaction Design yang dapat memperkuat kemampuan manusia, dan menutupi kelemahannya. Beberapa aspek cognitive dalam desain diantaranya yaitu :

  1. Atensi : Menyeleksi informasi sebagai pusat Konsentrasi. Bentuk informasi yaitu menentukan fokus diantara informasi yang relevan. Sehiggga Goalnya adalah memilah mana informasi yang relevan mana yang tidak. Dengan demikian pengelompokan informasi sesuai relevansi akan mempercepat proses atensi pengguna.
  2. Persepsi : memberikan arti atau pemahaman pada suatu informasi. Pengguna perlu memahami informasi yang diterima untuk memutuskan apakah informasi tersebut dibutuhkan apa tidak. Penerapan dalam desain “penting untuk memahami apa yang pengguna pahami dan menerapkannya dalam desain”.