People Innovation Excellence
 

Aspek Cognitive dalam desain komputer

Desain merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam komputer, mulai dari sejarah awal ditemukan komputer sampai sekarang tidak lepas dari desain, bahkan dalam computer science ilmu desain menjadi salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa. Dengan desain ini, komputer yang mulanya membosankan sehingga menjadi lebih interaktif dan user friendly. Dalam desain komputer yang tidak kalah pentingnya yaitu aspek kognitif dalam komputer. Sudah menjadi hal umum bahwa manusia cenderung untuk merubah perhatian jika dihadapkan pada beberapa pekerjaan (multiple tasks), atau fokus pada satu pekerjaan dalam waktu yang lama. Semisal kita fokus dalam satu pekerjaan yaitu deadline menyelesaikan laporan untuk diselesaikan besok pagi, dilain sisi masih banyak kekurangan yang harus diselesaikan.  Disinilah muncul rasa kepanikan, dalam waktu yang bersamaan smarphone anda menyala ada pesan masuk, anda meninggalkan laporan, diwaktu yang sama juga anda melihat postingan facebook, melihat tweeter, instagram, line, Whaataps, hingga tak terasa sudah larut malam, anda makin panik, dimana laporan untuk besok masih belum nyampek 50% nya. Nah dinisilah perananan penting aspek kognitive dipelajari dalam komputer science.

Aspek kognitif desain komputer ini, akan membantu pemahaman terhadap bagaimana kemampuan dan batasan manusia ketika berhadapan dengan teknologi. Aspek kognitif akan memberikan pemahaman tentang bagaimana merancang Interaction Design yang dapat memperkuat kemampuan manusia, dan menutupi kelemahannya. Beberapa aspek cognitive dalam desain diantaranya yaitu :

  1. Atensi : Menyeleksi informasi sebagai pusat Konsentrasi. Bentuk informasi yaitu menentukan fokus diantara informasi yang relevan. Sehiggga Goalnya adalah memilah mana informasi yang relevan mana yang tidak. Dengan demikian pengelompokan informasi sesuai relevansi akan mempercepat proses atensi pengguna.
  2. Persepsi : memberikan arti atau pemahaman pada suatu informasi. Pengguna perlu memahami informasi yang diterima untuk memutuskan apakah informasi tersebut dibutuhkan apa tidak. Penerapan dalam desain “penting untuk memahami apa yang pengguna pahami dan menerapkannya dalam desain”.

Published at :
Written By
Fawaidul Badri, S.Kom., M.T.
Lecture | Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close