Program internship adalah salah satu kegiatan wajib di semester 6 dan 7 bagi para binusian. Binus University menyebutnya dengan program enrichment yang dilangsungkan selama 2 semester. Manfaat dari program ini adalaha mengasah soft skill serta menambah pengalaman di dunia kerja sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Pengalaman ini tentu akan berguna ketika mahasiswa akhirnya benar-benar masuk ke dunia kerja setelah lulus nanti.

Menjadi anak magang di CNN Indonesia adalah suatu keberuntungan bagi saya. Selama magang di CNN Indonesia, saya mendapatkan banyak pengalamanan baru. Di sana saya menduduki posisi Production Assistant (PA) program berita After 10. Acara ini tayang setiap hari mulai dari Senin hingga Jumat pada jam 10.30 WIB. Pekerjaan saya setiap harinya adalah mencari berita luar negeri dan dalam negeri melalui situs khusus yang diberikan CNN Indonesia. Setelah mendapatkan judul yang menarik, saya langsung menulis kembali berita tersebut menjadi naskah berita yang nantinya akan dibacakan oleh news anchor. Setelah semua naskah sudah selesai, saya akan menyusun rundown di segment khusus yang diberikan produser untuk saya. Jika dirasa ada yang kurang atau tidak tepat dalam penyampaian berita, saya akan langsung berkoordinasi dengan editor yang bertugas.

Setelah semua persiapan dilakukan, saya menyiapkan property seperti MacBook dan iPad yang diberikan kepada news anchor di studio. Sesampainya di studio, sekitar 10 menit sebelum on air, saya langsung masuk ke control room. Saya menduduki kursi prompter dan melakukan pengecekan apakah rundown berita sudah sesuai dengan yang diinginkan produser. Saya harus memastikan kembali bahwa urutan berita tidak tertukar.

Saya memulai kerja pada pukul 07.00 pagi. Mungkin sedikit berbeda dengan teman-teman magang lainnya yang baru sampai kantor pukul 08.00 atau bahkan pukul10.00 pagi. Tetapi saya tidak pernah merasa keberatan dengan pekerjaan saya. Jika teman-teman lain pulang pukul 18.00 sore, saya bisa pulang lebih cepat yaitu pukul 15.00 sore. Lantas apa yang saya lakukan setelah on air berakhir pukul 11.30 sampai 15.00 WIB?

Sebagai intern di CNN Indonesia, saya memiliki kesempatan untuk mencari tahu apa yang belum saya ketahui. Di sana saya mendapat evaluasi dari tim program after 10. Di hari pertama magang, saya mendapatkan sangat banyak koreksi mulai dari cara penulisan, penempatan CG’s pada tiap program yang berbeda-beda, sampai cara mengetahui bagian video mana yang pantas untuk disiarkan. Saya merasa senang karena tim program After 10 sangat membantu saya dalam memberikan saran-saran yang konstruktif. Pengalaman magang ini tentu akan sangat berguna bila nantinya saya akan bekerja di industri media.

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.