People Innovation Excellence
 

Strategi Menyiasati Hambatan Komunikasi

                Komunikasi adalah proses pertukaran informasi baik secara verbal menggunakan kata-kata/suara ataupun nonverbal memakai bahasa tubuh/gestur tertentu. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung atau melalui media cetak (koran, majalah, buletin, dll) dan media elektronik (televisi, radio, internet, dan lain-lain). Proses komunikasi dapat berlangsung kapan saja dan dimana saja. Walau terkesan mudah, sebenarnya ada begitu banyak hambatan dalam berkomunikasi. Berikut beberapa hal yang bisa mengganggu komunikasi kita dengan orang lain.

  1. Hambatan Fisik

Hambatan ini berkaitan dengan keadaan fisik seseorang, contohnya orang yang tuna rungu. Biasanya hambatan ini dapat diatasi dengan mencari cara terbaik agar komunikasi tetap bisa berjalan dengan lancar. Contohnya dengan menggunakan bahasa isyarat. Asalkan komunikator dan komunikan mau bekerja sama hambatan ini pasti bisa diatasi. Orang yang bisu pun bisa berkomunikasi dengan menulis email atau menggunakan gerakan tubuh.

  1. Hambatan lingkungan atau budaya

Dalam berkomunikasi, kita harus mencoba memahami orang lain yang berasal dari kebudayaan atau latar belakang lain (bahasa, kepercayaan, kebiasaan, atau apapun itu). Hambatan lingkungan dan budaya ini bisa mengganggu karena apa yang dipersepsi oleh orang lain berbeda dengan yang ada di pikiran kita. Sering kali miskomunikasi terjadi karena kita tidak memiliki frame or reference serta field of experience yang sama dengan orang tersebut. Sebagai contoh, orang Barat tidak keberatan dipangggil langsung dengan namanya tanpa menggunakan sebutan ‘Professor’ atau ‘Pak’ atau ‘Bu”. Akan tetapi bila hal ini kita lakukan pada orang Indonesia, lawan bicara kita yang lebih tua sudah pasti akan merasa tersinggung dan tidak dihormati.

  1. Hambatan personal atau kepribadian

Hambatan ini  ada pada diri komunikan atau komunikator, contohnya  sikap, kondisi emosional, kecenderungan untuk percaya pada stereotype, dan lain-lain.. Sifat atau karakteristik seseorang juga bisa menghambat kelancaran komunikasi, misalnya orang yang pemalu atau kikuk tidak akan bisa berbicara dengan lancar di atas panggung.

Beberapa hambatan komunikasi yand sudah dibahas di atas dapat diatasi dengan cara-cara berikut:

  1. Komunikator harus proaktif agar komunikan mengerti dan memahami penuh informasi yang disampaikan
  2. Menyiasati pesan verbal dan non-verbal yang ingin disampaikan. Pesan yang disampaikan harus inklusif dan informatif. Inklusif artinya pesan berisi segala sesuatu yang diperlukan komunikan untuk memahami maksud komunikator, sedangkan informatif yaitu memuat pesan yang perlu diketahui oleh komunikan.
  3. Adanya timbal balik dalam berkomunikasi agar terjadi komunikasi 2 arah yang interaktif. Apabila komunikan tidak mengerti, ia harus bertanya pada sang komunikator.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close