Memiliki skill interpersonal (Social Skill) dalam dunia kerja sangatlah penting. Hal ini dapat menentukan kesuksesan adalah kemampuan dalam bekerja serta kemampuan dalam berkomunikasi. Interpersonal skill merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki di mana pun, termasuk di lingkungan kerja.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara meningkatkan interpersonal skill, mari kita ketahui terlebih dahulu apa manfaat interpersonal skill itu sendiri.

  1. Dapat mempererat hubungan antar rekan kerja (individu dengan individu, atau individu dengan kelompok).
  2. Dapat meningkatkan karier di dalam perusahaan.
  3. Dapat meningkatkan kemampuan interaksi dengan masalah kelompok/masyarakat.

Sangat penting bukan memiliki interpersonal skill? Dengan meningkatkan kemampuan ini, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat. Maka dari itu, kita harus meningkatkannya saat berada di kantor. Hal-hal ini bisa saat magang sehingga kelak ketika sudah bekerja, kita sudah tidak kesulitan beradaptasi. Berikut tipsnya:

  1. Jadilah Pendengar yang Aktif

Jangan hanya merespon saja, tapi jadilah pendengar yang aktif dan memahami.  Banyak orang yang  mendengarkan untuk merespon, bukan ingin memahami lawan bicaranya.

  1. Menjadi lebih Apresiatif

Sebagai manusia tentunya kita sangat ingin dihargai. Jika kingin dihargai oleh orang lain,  kita pun harus menghargai orang lain. Oleh karena itu, mulailah dengan memberikan apresiasi . Hal ini tentunya juga akan mempererat hubungan kita dengan rekan kerja.

  1. Tunjukkan Simpati dan Empati

Coba bersimpati dan berempati dengan tulus atas permasalahan orang lain. Mungkin terasa sulit, namun percayalah bahwa orang lain akan merasa terhibur dengan simpatimu. Kamu pun akan mendapatkan kepuasan batin dengan berempati.

  1. Jangan Segan Membantu

Jika diperhatikan memang pekerjaan tidak pernah ada habisnya. Kita pasti merasa sudah memiliki banyak pekerjaandan tidak sempat membantu orang lain. Walau begitu, sebisa mungkin bantulah rekan kerja dalam melakukan pekerjaan yang ringan seperti merapikan dokumen..

  1. Atasi Konflik dengan Komunikasi

Segera selesaikan konflik pribadi, jangan sampai konfik tersebut sampai dibawa ke kantor.Jika ada masalah tentang orang lain di sekitar kita, jadilah mediator bila dibutuhkan. Selesaikan secara dewasa melalui diskusi. Komunikasikan masalah tersebut, jangan sampai malah membuat masalah baru. Komunikator yang baik harus bisa menghindari kesalahan presepsi.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.