People Innovation Excellence
 

Mengubah Perkuliahan Tatap Muka Menjadi Online

Sejak merebaknya virus covid-19, sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia membuat kebijakan baru berupa pengalihan ke kegiatan perkuliahan online. Salah satunya adalah perguruan tinggi swasta Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang menetapkan online learning total sejak 18 Maret 2020. Keputusan ini diambil untuk melindungi seluruh civitas akademika dari risiko tertular virus covid-19 di area kampus. Hingga kapan keputusan ini berlaku? Masih belum pasti. Semuanya akan disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Universitas Bina Nusantara baru akan kembali melakukan aktivitas belajar-mengajar normal setelah keadaan kembali kondusif.

Untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Binus University @Malang, kuliah online ini memang cukup sulit. Pasalnya, beberapa mata kuliah yang diajarkan sebenarnya memiliki jadwal praktikum. Pada perkuliahan yang reguler, mahasiswa seharusnya bisa belajar di laboratorium untuk praktik dengan didampingi oleh dosen. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan selama adanya pandemi covid-19. Semua perkuliahan, termasuk sesi praktikum, dialihkan menjadi pertemuan online.

Untungnya pihak universitas menanggapi masalah ini dengan sangat baik. Didukung oleh aplikasi Binusmaya dan Zoom, mahasiswa bisa kuliah online dengan mudah. Dosen-dosen rutin menggelar kuliah dan sesi tanya jawab dengan mahasiswa. Bila mahasiswa memiliki kendala apapun, dosen bisa ditanyai melalui chat atau email. Tugas dan materi kuliah pun semua bisa di akses melalui situs terpadu Binusmaya yang sangat membantu mahasiswa serta dosen. Kabar baiknya lagi, selama perkuliahan berjalan online gegara virus corona, Binus menawarkan 30GB kuota gratis selama sebulan untuk akses situs-situs pendukung pembelajaran mahasiswa.

Perkuliahan online sendiri tidak dilakukan setiap hari, namun dosen biasanya sudah memberi sejumlah tugas untuk dikerjakan mahasiswa. Jadi walaupun tidak ada tatap muka perkuliahan, mahasiswa pasti memiliki tugas yang harus dikumpulkan sesuai dengan deadline. Bagi mahasiswa yang belum terbiasa menggunakan berbagai macam aplikasi, Binus juga selalu memberikan panduan. Jadi tidak ada alasan mahasiwa tidak bisa mengerjakan tugas atau mengikuti perkuliahan online gegara tak mengerti cara menggunakan aplikasi tertentu.

Rektor Universitas Bina Nusantara, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. juga sangat sigap menganggapi virus corona. Beliau selalu menghimbau seluruh Binusian untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan mengatur asupan gizi selama masa-masa sulit ini. Gerakan Mahasiswa Sehat (GESIT) juga dicanangkan agar seluruh mahasiswa tak ada yang terpapar virus corona. Tak hanya itu, pihak universitas juga memberikan link website (https://binus.ac.id/siaga-covid19/) terkait semua informasi terbaru menyangkut pembelajaran dan perkembangan virus covid-19 di Indonesia. Masyarakat umum pun bisa mendapatkan informasi yang penting di situs ini.

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close