Bulan Desember 2019 lalu, 7 orang mahasiwa dari Binus University @Malang berhasil meraih juara 3 dalam ajang Video Competition yang diadakan oleh BINUS TV. Kelompok ini terdiri dari mahasiswa program studi Communication, Public Relations, Business Creation, dan Computer Science. Hasyimi Rafsanjani, salah satu mahasiswa Komunikasi yang menjadi perwakilan kelompok, mengaku sempat tidak percaya dengan hasil lomba tersebut. “Saya tidak percaya karena hasil kelompok kami masih kurang maksimal. Namun ini bisa kami jadikan motivasi untuk lebih berjuang lagi di lomba-lomba lainnya,” jelasnya.

Video berjudul (Pedulikah kita?) itu memang singkat, tidak sampai 3 menit, namun memiliki pesan yang kuat. Mereka menggambarkan situasi zaman sekarang di mana anak-anak muda cenderung memandang produk lokal dengan sebelah mata dan lebih bangga memakai brand luar negeri. Dalam video tersebut ditunjukkan seorang mahasiswa perempuan yang tidak mau memakai merek tas lokal karena takut ditinggalkan oleh follower akun Instagram miliknya. Walau begitu, di akhir video ditunjukkan bahwa mahasiswa ini tetap bisa tampil stylish dengan menggunakan tas berbahan kain tenun. Berkat mengangkat pesan ‘cintailah produk lokal’ tersebut Hasyimi dan kelompoknya bisa mendapatkan gelar juara.

Ajang kompetisi yang digelar dalam rangkaian acara ulang tahun ke-10 BINUS TV ini mengangkat tema “Fostering and Empowering Versi Kamu.”  Selama satu dekade, BINUS TV telah menyajikan berbagai karya audiovisual serta mendukung kegiatan akademik Program Studi Ilmu Komunikasi Binus University. Dalam acara ulang tahun yang meriah tersebut, Binus TV mengundang sejumlah pembicara ternama tanah air. Mereka hadir untuk memberi seminar dalam acara puncak bertajuk “10th Talk” yang digelar di Auditorium Kampus Anggrek BINUS University pada 3 Desember 2019. Beberapa nama besar yang hadir di acara tersebut adalah Najwa Shihab (pendiri Narasi TV), Pandji Pragiwaksono (komedian dan aktor), Adrianus Johan Hutama (Product Manager Gojek), Fellexandro Ruby (Creative Entrepreneur), dan Ade Binarko (Founder sehatmental.id). Mereka membawakan materi yang mendorong pembinaan dan pemberdayaan generasi muda dalam meraih cita-cita. Harapannya, kelak mereka bisa melakukan banyak hal yang berdampak positif untuk Indonesia.

Untuk saat ini, setidaknya Hasyimi dan kelompoknya sudah bisa memberi dampak positif dengan menyebarkan pesan cinta produk bangsa. Prestasi kelompok ini patut diapresiasi karena sebagian besar dari mereka merupakan mahasiswa tahun pertama. Meski masih muda dan belum memiliki pengalaman sebanyak kakak-kakak angkatannya, mereka tak ragu untuk berkolaborasi dan berkreasi dengan mahasiswa-mahasiswa lain yang lintas program studi. Semoga prestasi mereka bisa menjadi penyemangat Binusian lain untuk berkarya juga!