Kegiatan Work and Study from Home tidak identik dengan kata membosankan. Justru dengan adanya skema Work and Study from Home ini, kita bisa menggunakan waktu luang untuk memikirkan ide-ide yang lama tak tersentuh atau melakukan berbagai hobi baru.

Tak kehabisan ide, para Binusian banyak yang membagikan kegiatan mereka selama Work and Study from Home melalui Instagram @binus_malang. Rata-rata Binusian senang menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik di kamar. Tentunya mereka mencoba mengisi waktu luang dengan kegiatan di rumah karena tidak bisa keluar bersama teman-teman.

Selain bersantai ketika tak ada tugas, kuliah online pun tetap berjalan. Harus diakui, kuliah online tidaklah sepadat pertemuan tatap muka. Saat menjalani kuliah reguler, mahasiswa memiliki jadwal kuliah yang penuh selama seminggu. Biasanya dalam satu pekan mereka rata-rata harus ke kampus antara 5-6 hari.

Semenjak makin parahnya persebaran virus corona, BINUS menetapkan standar kuliah online. Hal ini tentunya untuk melindungi seluruh Binusian agar tidak terjadi penularan di area kampus. Perkuliahan yang biasa dilakukan di kelas kini berlangsung dengan menggunakan aplikasi video conference. Jadwalnya tentu tidak setiap hari, namun tugasnya tetap banyak. Tugas-tugas yang diberikan oleh dosen ini diharapkan dapat terus memacu mahasiswa untuk belajar meski di rumah.

Keuntungan dari sistem kuliah online ini adalah mahasiswa yang pintar mengatur waktu bisa menikmati waktu luang. Jika tugas-tugas sudah dikumpulkan, mahasiswa bisa melakukan hobi lain atau sekadar menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah. Dijamin siapapun tidak akan kekurangan waktu me time.

Salah satu Binusian @Malang dari Program Studi Desain Komunikasi Visual bernama Kevin Chelsea bercerita bahwa ia saat ini sedang mengerjakan tugas project dari dosennya. Walau harus terus berada di rumah, Kevin mengaku tidak bosan sebab ada banyak tugas dan aktivitas yang bisa dilakukannya. Biasanya setelah mengerjakan tugas teori, Kevin melanjutkan harinya dengan mengerjakan tugas praktikum berbentuk project. Tugas-tugas inilah yang membuat Kevin tak bosan dan tetap produktif walaupun harus kuliah dari rumah. Kalian sendiri bagaimana? Apa sih kegiatan favorit yang bisa dilakukan di rumah ketika Work and Study from Home?

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.