People Innovation Excellence
 

How Ekstrovert Dealing in #WorkfromHome Situatio

Gabriella Sagita Putri, S.Sosio, M.Med.Kom

Istilah work from home saat ini menjadi sangat popular saat wabah Covid-19 melanda Indonesia, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya yang sudah berstatus waspada tentu sudah memberlakukan sistem work from home bagi mayoritas pekerja di kota  tersebut. Sistem work from home yang mengharuskan pekerja bekerja dari rumah, tentunya menjadi tantangan bagi kaum ekstrovert. Adanya work from home tentu membawa pada konsekuensi berkurangnya interaksi dengan orang lain termasuk interaksi dengan teman, tim, bahkan leader di kantor. Bagi kaum ekstrovert kurangnya interaksi dengan manusia lain dapat dengan cepat menguras mood, karena mereka akan mudah merasa jenuh dan bosan saat harus menarik diri dari dunia luar dan mengurangi intensitas interaksi langsung dengan orang. Nah, berikut tips work from home (kerja di rumah) bagi para ekstrovert.

  1. Sambung interaksi visual melalui Video call

Berbagai platform atau aplikasi sudah memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas meeting atau berkoordinasi secara virtual, sehingga experience yang dirasakan akan sama seperti kita berinteraksi tatap muka secara langsung.

  1. Menciptakan rutinitas

Kaum ekstrovert cenderung menyibukan diri dengan berinteraksi dengan banyak orang, mereka akan merasa tidak produktif apabila dalam sehari tidak melakukan aktivitas seperti mandi pagi, berdandan, menyapa orang, keluar makan siang dan kegiatan sejenisnya. Maka dalam masa work from home ini disarankan agar kaum ekstrovert membuat rutinitas harian yang tidak jauh berbeda dengan aktivitas regular sehari-hari, seperti bangun pagi sesuai waktu biasanya, membuat sarapan, masak, berpakaian, mengenakan parfum dan make up, mulai bekerja sesuai dengan jam kerja biasa, dan istirahat makan juga di waktu istirahat biasa. Jangan lupa mainkan playlist andalan yang mampu menaikan daily mood kalian.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga kecil-kecilan di sekitar rumah saja, seperti bersepeda, jogging, atau sekedar jalan-jalan santai. Udara segar di pagi hari baik untuk membangun pikiran dan mood yang positif untuk sepanjang hari. Selain itu sinar matahari pagi juga bagus untuk menambah daya tahan tubuh dan imunitas badan kita.

  1. Hiburan (Refreshing)

Mengingat work from home itu adalah tetap bekerja secara rutin (bukan libur yaa guys), maka kita juga tetap memerlukan hiburan yang dapat kita nikmati di sela-sela waktu istirahat kita. Manfaatkan beragam platform di media sosial atau platform yang menyediakan hiburan seperti Netflix, hooq, spotifty dan lain-lain. Carilah hiburan yang fun namun tetap informatif yaa, seperti comedy series, podcast, film documenter dan sebagainya. Sesekali boleh lah kita tidak menonton berita di TV atau mengakses berita melalui twitter, mengingat berita akhir-akhir ini yang lebih sering membuat insecure kondisi jiwa dan raga kita.

  1. Batasi informasi

Last but not least, pandai-pandailah dalam mengolah berbagai informasi yang kalian baca dan lihat di berbagai media. Perkuat literasi kalian, jangan sekali pun menggunakan forward message sebagai sumber literasi kalian, apalagi jika informasi tersebut bersifat hoax dan berpotensi untuk membuat gelisah masyarakat.


Published at :
Written By
Gabriella Sagita Putri, S.Sosio, M.Med.Kom
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close