Kamis tanggal 27 Maret 2020, Communication Student Association (CSA) mengadakan pelatihan bagi anggota Divisi Produksi. Pelatihan dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 13.00 di laboratorium produksi. Peserta training dan pelatih semuanya berasal dari mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Binus University @Malang.

Pelatih dalam training untuk 6 anggota baru ini berasal dari Divisi Produksi. Para trainer ini sebelumnya tentu sudah dilatih secara khusus dan juga merupakan anggota The Loop Creative Media yang sudah berpengalaman. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya CSA untuk meningkatkan skill anggota baru.

Training dimulai dengan persiapan alat-alat yang akan digunakan. Setelah pembukaan, para trainer mulai mengajari penggunaan alat-alat yang dinilai mudah seperti lighting dan prompter. Kami membutuhkan waktu satu jam untuk melatih penggunaan kedua alat tersebut. Setelah pengetahuan dasar sudah diberikan, peserta dibagi berdasarkan alat yang mereka pilih. Satu orang belajar switcher, VT dan Audio Mixer dan 3 orang belajar mengoperasikan kamera.

Meski waktu terus berjalan, peserta pelatihan tetap tidak kehilangan antusiasmenya. Mereka aktif menanyakan hal-hal yang belum jelas. Lebih hebatnya lagi, mereka belajar dengan cepat sehingga proses pengenalan alat-alat laboratorium berjalan dengan lancar.

Ketika proses pembelajaran peralatan sudah dirasa cukp, pelatihan dilanjutkan dengan training beberapa skill tambahan seperti menggunakan kamera DSLR, DJI Osmo, serta proses editing menggunakan Adobe Premiere. Setelahnya peserta pelatihan ditugaskan untuk melakukan live production. Awalnya para pelatih masih membantu dan membimbing dalam proses uji coba produksi, namun di akhir training semua peserta dilepas sendiri untuk melakukan seluruh produksi secara mandiri.

Secara keseluruhan, training berjalan dengan baik. Walau terjadi beberapa kesalahan, namun sebagai orang yang baru melakukan proses produksi untuk yang pertama kali semua peserta sudah menunjukkan kemampuan yang menjanjikan. Mereka telah menunjukkan sikap mau belajar dan konsentrasi yang baik. Dalam satu hari saja mereka sudah mampu menguasai dasar-dasar penggunaan alat. Para trainer yakin kemampuan mereka akan berkembang dengan baik apabila sudah rutin diasah.

 

Penulis: Evan Reinaldo (Binusian Communication 2022)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.