Setiap warna mempunyai karakteristik yang berbeda. Dengan menggunakan warna, Desain dapat dikomunikasikan kepada audience secara efektif. Warna merupakan kualitas rupa yang dapat membedakan kedua objek atau bentuk yang identik, ukuran dan nilai gelap terangnya. Warna berkaitan langsung dengan perasaan dan emosi, karena itu warna menjadi unsur penting dalam ungkapan seni rupa dan desain. Warna dapat dikenali melalui bentuk, sebaliknya bentuk bisa dikenali dengan warna. Warna yang terserap, sangat ditentukan oleh adanya pancaran cahaya. Warna benda – benda yang dilihat sesungguhnya adalah pantulan dari cahaya yang menimpanya, karena warna merupakan unsur cahaya.Warna adalah faktor yang sangat penting dalam komunikasi visual. Warna dapat memberikan dampak psikologis, sugesti, suasana bagi yang melihatnya. pencampuran cahaya Warna yang bersumber dari cahaya disebut warna aditif / Additive Colorsyang diciptakan dengan spektral didalam kombinasi yang bermacam-macam. Menambahkan semua warna secara bersama – sama akan menciptakan warna putih, di mana semua panjang gelombang kelihatan dipancarkan kembali ke mata. Additive colors digunakan untuk lighting, video, dan monitor. Monitor sebagai contoh, menciptakan warna dengan memancarkan cahaya melalui merah, hijau dan biru fosfor.

• RGB
Merupakan singkatan dari Red – Blue – Green. Warna RGB adalah model warna pencahayaan (additive color mode) yang digunakan untuk tampilan visual pada peralatan elektronik seperti scanner, digital camera, CRT atau LCD pada display monitor, televisi dan fotografi.Warna Additive•Warna Additive adalah percampuran warna primer cahaya yang terdiri atas warna red, green dan blue dimana pencampuran ketiga warna primer tersebut akan menghasilkan warna putih•Kombinasi antara dua warna primer akanmenghasilkan warna sekunder. Warna sekunder tersebut yaitu: cyan(gabungan warna green dan blue), magenta (gabungan warna blue dan red) dan yellow (gabungan warna red dan green) •Prinsip pencampuran warna additive diterapkan pada monitor, TV, video,scanner, dan lain-lain•Dalam mendesign web warna RGB kerapkali direpresentasikan dengan Hex Triplet atau kombinasi 2 pasang bilangan hexadecimal.

• CMYK
Model CMYK berdasar pada light-absorbing qualitydari tinta yang mencetak secara tertulis, sebab cahaya putih membentur tinta tembus cahaya, panjang gelombang tertentu kelihatan diserap (dikurangi), saat yang lain dipantulkan kembali ke mata. Karena alasan ini, warna CMYK ini disebut subtractive-color. Pada benda, dedaunan, tekstil atau cat termasuk warna pigmen, yakni butir-butir halus bahan warna, warna pigmen disebut warna subtraktif ( system / model CMYK), ada yang bersifat bening (transparant) dan buram atau kedap (opaque).

 

Daftar Pustaka

De Grandis, L., (1986) : Theory And Use Of Color, Harry N. Abrams, New York
Rusdji, Darma,(1995) Model – Model Warna Pada Perangkat Lunak Aplikasi, Majalah Teknologi dan Energi, ISSN 1411-7754 vol. 5 no. 4