People Innovation Excellence
 

Tips dalam menentukan Tanaman dalam Ruangan

Oleh : Ida Bagus Ananta W, LS-Interior Design Binus Malang

Seiring berjalannya waktu, jumlah tanaman terus berkurang akibat perkembangan populasi penduduk yang terus meningkat.  Hal ini berdampak pada menurunnya kualitas udara baik di luar maupun dalam bangunan.

Di dalam ruang terdapat banyak polutan dan gas berbahaya yang dihasilkan dari material dalam ruangan yang akan berdampak buruk pada kesehatan, yaitu benzena, xylene, formaldehida, xilena dan nitrogen oksida.  National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan, hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan.

Agar aplikasi tanaman dalam ruangan dapat optimal, berikut adalah beberapa tips dalam menentukan jenis tanaman pada ruangan yaitu :

  1. Pahami jenis tanaman yang sesuai dalam ruangan

Dalam memilih tanaman, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis tanaman yang akan digunakan dalam ruangan karena terdapat persyaratan tertentu agar tanaman dapat hidup dalam ruangan. Persyaratan pertama adalah terkait pencahayaan karena tanaman akan berada dalam ruang yang artinya akan minim mendapatkan pencahayaan.  Oleh sebab itu maka harus dipilih jenis tanaman yang membutuhkan pencahayaan sedang.  Persyaratan kedua adalah terkait perawatan tanaman.  Tanaman yang dipilih adalah tanaman yang mudah dalam perawatan dan tidak membutuhkan air setiap harinya.

Beberapa jenis tanaman yang umumnya bisa digunakan dalam ruangan adalah jenis Sansivera, sukulen, Haworthia, Cactus, Aloevera, Monstera, Spider Plant (Chlorophytum comosum), sirih gading (Epipremnum aureum), Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium), dracena, krissan, aglaonema, jenis palm, bunga lili dan jenis Ficus.

Gambar Berbagai tanaman dalam ruangan. Sumber : Pinterest

  1. Sesuaikan dengan lokasi perletakan

Tanaman dalam ruangan akan diletakkan dalam lokasi dan kondisi yang berbeda-beda.  Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan tanaman yang tepat.  Secara umum tanaman akan diletakkan di bawah, tengah dan atas.

Untuk tanaman yang diletakkan di area bawah dapat menggunakan tanaman dengan ukuran sedang.  Contohnya adalah jenis Sansevieria Trifasciata , Cactus koboi, Dracena, Aglaonema, Jenis Palm dan jenis ficus/beringin.

Untuk tanaman di area tengah dapat menggunakan tanaman dengan ukuran yang kecil karena secara umum diletakkan di atas meja.  Jenis tanaman yang bisa digunakan adalah Sansiviera mini, kaktus mini, haworthia, aloevera, spider plant, dan krissan.

Untuk tanaman di area atas umumnya diletakkan dengan posisi menggantung. Tanaman yang sesuai untuk area atas adalah tanaman dengan jenis merambat yaitu jenis Sirih Gading (Epipremnum aureum) dan Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium).

Gambar Berbagai perletakan tanaman dalam ruangan. Sumber : Pinterest

  1. Sesuaikan tema ruangan

Ketikan tanaman dimaksukkan dalam ruangan, maka secara otomatis akan menjadi bagian dari desain ruangan secara keseluruhan. Oleh sebab itu aplikasi tanaman harus disesuaikan dengan tema ruang.  Untuk ruangan bergaya modern,gunakan tanaman dengan bentuk yang simpel tanpa banyak motif.  Selain itu bisa juga menggunakan tanaman dengan warna yang kuat dan solid agar dapat menjadi aksen ruangan.  Contoh tanaman yang bisa digunakan adalah jenis monstera, dracena, haworthia, aloevera. Untuk ruangan bergaya klasik dapat menggunakan tanaman dengan bentuk unik serta banyak motif.  Contoh tanaman yang bisa diaplikasikan adalah jenis palm, sukulen.  Untuk ruangan bergaya countrygunakan tanaman yang rimbun agar kuat kesan alaminya. Contoh tanaman yang bisa digunakan adalah jenis Ficus, aglaonema, sirih gading, dan krissan.

Demikian 3 tips dalam memilih tanaman yang sesuai dalam ruangan.  Semoga bermanfaat.

References

(124) Pinterest. (n.d.). Retrieved February 4, 2020, from https://id.pinterest.com/pin/482659285061757053/

Tanaman Pembersih Udara Dalam Ruangan – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan. (n.d.). Retrieved February 4, 2020, from https://dlh.grobogan.go.id/info-lh/berita/70-tanaman-pembersih-udara-dalam-ruangan

 


Published at : Updated
Written By
Ida Bagus Ananta Wijaya
LS- Interior Design | School of Design
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close