Kata desain memiliki pengertian yang sangat luas. Herbert Simon mengatakan bahwa design is the transformation of existing conditions into preferred ones yang artinya desain adalah sebuah proses transformasi dari kondisi yang dialami sekarang menjadi kondisi yang diinginkan. Sejak jaman prasejarah manusia sudah melakukan kegiatan desain atau mendesain. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penemuan barang-barang purba seperti kapak batu, peralatan memasak dan berburu yang menunjukkan bahwa manusia jaman purba sudah mengenal kegiatan mendesain, mengubah barang yang ada (batu) menjadi barang yang berguna (kapak batu).

Desain kemudian semakin terus berkembang setelah abad pencerahan (Renaisance) dan Revolusi Industri dengan ditemukannya teknologi-teknologi baru. Di era Revolusi Industri, manusia telah menemukan mesin cetak huruf yang kemudian desain mulai menemukan media baru. Berbagai macam jenis dan gaya mulai bermunculan seiring dengan penemuan-penemuan teknologi. Ditemukannya mesin litografi oleh Alois Senefelder membuat desainer bisa mendapatkan gambar-gambar cetak seperti saat ini. Tumbuhnya sistem ekonomi kapitalis pada masa revolusi Industri membuat desain berkembang keranah industrialisasi. Di Indonesia perkembangan desain diawali dengan terbentuknya Design Center oleh Fakultas Perencanaan dan Sipil ITB tahun 1968 yang pada waktu itu diperkenalkan dalam Expo 70 di Osaka Jepang.

Dari paparan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa revolusi industri dan penemuan-penemuan teknologinya membantu perkembangan desain dalam menemukan media baru. Dapat dikatakan bahwa perkembangan teknologi dan media juga akan membuat desain semakin berkembang. Pada era tahun 90-an kita melihat iklan dari koran, majalah, dan televisi namun sekarang kita bisa melihat tayangan iklan kemanapun kita pergi. Billboard, iklan dalam bentuk sms, iklan di media online, iklan dalam video online. Media dan desain adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Desain butuh media sebagai penvisualisasiannya dan setiap kemunculan media pasti melalui proses desain terlebih dahulu.