Pemberian hadiah di hari spesial kini tidak selalu menggunakan barang bermerek maupun kado yang dibeli di toko-toko suvenir. Akhir-akhir ini, banyak sekali hadiah yang diberikan berupa karya buatan tangan agar terkesan lebih spesial. Scrapframe adalah salah satu karya buatan tangan yang cukup populer karena biaya terjangkau dan mudah untuk dipelajari semua kalangan khususnya ibu-ibu muda maupun remaja perempuan. Scrapframe sendiri merupakan salah satu bagian dari pengembangan scrapbook dengan merangkai beberapa foto di dalam pigura. Scrapbook sendiri adalah seni menghias foto pada sebuah album.

 

Rangkaian yang dihasilkan dari kerajinan tangan sudah tentu memiliki nilai orisinalitas masing-masing. Pengrajin dengan bebas menuangkan semua ide yang dimiliki. Peminat kerajinan yang sebagian besar kaum wanita khususnya ibu rumah tangga ini mencoba berkreasi untuk mengisi waktu luang sekaligus tambahan pemasukan. Mengembangkan hobi menjadi suatu bisnis, diperlukan usaha lebih dengan rajin berlatih dan belajar. Usaha seperti ini dapat digolongkan menjadi usaha rumahan atau Usaha Kecil Menengah (UKM).

 

Usaha rumahan biasanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar karena dilakukan di rumah dan dikerjakan oleh pemilik usaha. Beberapa persamaan karakteristik yang ada pada setiap usaha rumahan adalah sebagai berikut:

  1. Dikelola oleh pemiliknya
  2. Usaha dilakukan di rumah
  3. Produksi dan pemasaran dilakukan di rumah pemilik usaha
  4. Modal terbatas
  5. Jumlah tenaga kerja terbatas
  6. Berbasis keluarga atau rumah tangga
  7. Lemah dalam pembukuan
  8. Sangat diperlukan manajemen pemilik

 

Banyak sekali bisnis berbasis rumahan dimiliki oleh orang yang berusaha membisniskan hobi namun tetap dapat mengurus anggota keluarganya. Hal ini berakibat produk yang dihasilkan merupakan produk massal yang banyak ditemui di berbagai tempat. Jumlah produk yang dihasilkan juga terbatas, mengingat scrapframe adalah produk buatan tangan yang membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama. Usaha ini juga dapat mengalami kendala seperti pemasukan yang tidak rutin karena fungsi produk adalah sebagai hadiah atau suvenir.

 

Berikut merupakan beberapa karya yang bisa anda tiru di rumah untuk mengisi waktu luang atau sebagai hadiah di hari spesial:

Gambar 1. Scrapframe untuk hadiah ulang tahun/ hiasan dinding.

(sumber: Instagram @cahyasyifani)

 

Gambar 2. Scrapframe untuk Pernikahan

(sumber: Instagram @cahyasyifani)

 

 

 

 

Referensi

Pohan Elvi Farida. 2012. PENGARUH SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SIBOLGA.

 

 

Website

http://kbbi.web.id/