Paper Quilling bagian dari kerajinan Papercraft dengan teknik menggulung kertas menjadi beberapa bentuk dan disusun menjadi suatu karya yang bernilai. Papercraft sendiri adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas menggunakan beberapa teknik seperti menggunting, melipat, mengelem dan membentuk kertas. Julius Perdana, seorang seniman papercraft menjelaskan bahwa awalnya kreasi seperti ini disebut dengan 3D Papercraft, namun kini biasa disebut Papercraft saja.

 

Paper quilling atau paper filigree, merupakan seni mengubah kertas menjadi beragam bentuk, seperti gulungan lalu menyatukan dengan perekat, yang nantinya akan menghasilkan karya dekoratif. Seorang seniman bernama Vesna Rikic yang mempunyai hobi mengeksplorasi dengan metode quilling ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan satu karya.

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kerajinan paper quilling berbahan dasar kertas. Oleh karenanya, setiap orang bisa berkreasi dan mencoba hobi sederhana ini asalkan sabar dan teliti. Kertas yang dapat digunakan pada kerajinan ini bermacam-macam, seperti kertas khusus Paper Quilling atau bisa juga menggunakan kertas HVS warna-warni. Penggunaan kertas manila dan kertas yang lebih tebal juga memungkinkan untuk digunakan sebagai variasi bentuk maupun tekstur. Jika bahan utama ini sudah siap, maka selanjutnya adalah alat-alat yang digunakan dalam membuat Paper Quilling.

Gambar 1. Alat dan Bahan Paper Quilling

(Sumber: Craftsy by Erin Curet)

 

Seorang pemula tidak perlu menyediakan alat Paper Quilling secara lengkap, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui alat apa saja yang biasa digunakan dalam kreasi ini. Beberapa alat yang digunakan adalah slotted quilling tool, needle tool, paper bead tool, quilling forms, stacked forms, needle forms, scissors, dan quilling glue atau bisa juga menggunakan lem kertas. Bahan-bahan tambahan lain yang dapat digunakan adalah cookie cutters, quilling molds, fringing scissors, quilling comb, quilling guides, tweezers, dan circle sizers. Setelah alat dan bahan tersedia, mulailah mencari ide kreasi apa yang akan dibuat. Ide sangat penting dalam pembuatan sebuah karya. Ide awal dilakukan dengan mencari referensi karya sebelumnya, tidak terbatas pada karya paper quilling saja. Bisa jadi referensi tambahan berasal dari karya lukis atau karya collage maupun karya lain sehingga dapat dipadu padankan dengan karya paper quilling. Jika ide sudah matang, mulailah belajar membuat beberapa bentuk gulungan.

 

Cara pertama membuat sebuah gulungan adalah menggunakan slotted quilling tool. Ambil selembar kertas dengan lebar 3-5 milimeter, masukkan ke ujung alat penggulung kertas tersebut, lalu gulung perlahan. Di akhir gulungan, diperlukan lem agar gulungan tidak berubah bentuk. Gulungan yang dihasilkan bisa menjadi dua macam, pertama gulungan rapat dan kedua gulungan longgar sesuai dengan kebutuhan.

Gambar 2. Langkah Membuat gulungan pada Paper Quilling

(Sumber: Craftsy by Erin Curet)

 

Setelah mahir menggulung rapat dan longgarnya kertas, langkah berikutnya adalah membentuk hasil gulungan tersebut dengan cara mencubit salah satu atau beberapa bagian dari gulungan kertas. Bentuk-bentuk yang dapat dihasilkan dari cubitan tersebut sangat beragam. Hasil bentukan yang terjadi antara lain: segitiga, tetesan air, persegi, bintang, daun, diamond, setengah lingkaran, bentuk hati, dan masih banyak lagi. Ada kalanya gulungan kertas tidak sepenuhnya digulung, namun hanya sebagian saja. Tujuannya adalah untuk membuat efek sulur seperti daun ataupun variasi dari kreasi paper quilling itu sendiri.

Gambar 3. Berbagai Macam bentuk gulungan pada Paper Quilling

(Sumber: Craftsy.com)

 

Hasil dari karya paper quilling itu sendiri tidak hanya berbentuk tanaman dan sulur-sulur, namun juga dapat dikreasikan menjadi siluet manusia, bentuk hewan, bahkan juga bisa diaplikasikan ke dalam boks pigura sebagai pajangan dinding atau meja. Kreasi seperti ini dapat dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan jika konsep dan ide yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan pesaing yang bergerak di bidang yang sama.

 

 

Referensi

Curet, Erin P. 2019.The Art of Modern Quilling : Contemporary Paper Techniques & Projects for Captivating Quilled Designs. United States: Quarry Books.

 

Website

kompasiana.com. Diakses 25 Juni 2015

m.brilio.net. Diakses 13 Februari 2017

Ready to Roll! Paper Quilling Basics For Beginners. Craftsy.com