People Innovation Excellence
 

Bermain Board Game, Melatih Perkembangan Motorik Anak

Anak mulai belajar berbagai hal dengan meniru orang yang lebih tua. Teori bandura menjelaskan tentang perilaku manusia dalam konteks interaksi timbal balik yang berkesinambungan antara kognitif, perilaku dan pengaruh lingkungan. Kondisi lingkungan sekitar anak juga sangat berpengaruh pada pola belajar sosial. Banyak sekali jenis media pembelajaran yang dapat merangsang tumbuh kembang anak melalui permainan. Banyaknya penelitian yang menjelaskan jika permainan dapat melatih kemampuan anak termasuk kemapuan berpikir, bahasa, motorik dan menahan emosi.

 

Di era digital saat ini media ajar berbasis permainan dapat dengan mudah ditemui di media digital / gawai yang praktis dan tentunya sangat menarik bagi anak, namun media pembelajaran digital kurang dapat merangsang syaraf motorik anak. Salah satu media ajar dengan cara bermain yang potensial adalah board game karena board game dapat melatih kemampuan anak dalam berpikir, bahasa, motorik dan menahan emosi.

 

Board game merupakan bagian dari permainan tabletop game. Tabletop game adalah adalah permainan yang dimainkan di atas permukaan sebuah meja. Definisi dari boardgame sendiri adalah suatu permainan yang di dalamnya terdapat aturan cara bermain yang dilengkapi dengan beberapa komponen permainan seperti token, pion atau bidak yang dapat digerakkan diatas sebuah papan khusus. Ada berbagai macam jenis tabletop game berdasarkan material yang digunakan, diantaranya adalah board game, card game, pencil and paper game, miniature game, dice game dan role playing game. Sedangkan jenis board game berdasarkan pola permainan dibagi menjadi 6 bagian, yaitu:

  1. Classic Board Games atau Family Games

Permainan ini mengajak pemain untuk berlomba mengelilingi papan permainan atau mengikuti jalan tertentu yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan. Terkadang sistem poin juga dilibatkan. Esensi permainan ini bukan terletak pada permainannya melainkan dari pengalaman kebersamaan pemain. Contoh permainan ini adalah candyland dan ular tangga.

  1. Euro-Style Games

Pemenang pada permainan ini ditentukan oleh poin, pemain harus mengumpulkan poin untuk memenangkan sebuah permainan. Permainan ini mempunyai tema yang kuat untuk menginformasikan keseluruhan pemain. Ciri permainan ini mengandalkan strategi settler of catan, power grid, carcassone, dan lancaster.

  1. Deck-Building Games

Permainan ini mirip dengan trading card games, setiap pemain mempunyai beberapa set kartu yang akan digunakan untuk bermain. Contoh permainan ini adalah domino, thunderstorms, dan quarriors.

  1. Abstract Strategy Games, termasuk Catur Fan Checkers.

Inti permainan ini adalah para pemain beradu strategi untuk mengalahkan atau mengelabui satu sama lain. Contohnya catur, checkers, dan push fight.

  1. Strategy Games

Permainan ini memiliki papan atau cerita yang sangat penting untuk mengarahkan pemain. Permainan ini melibatkan kerjasama dan kompetisi yang sangat besar, membutuhkan tingkat pemikiran yang tinggi. Contohnya risk, imperium, arkham horor, dan lain sebagainya.

  1. Card Based Strategy Games

Permainan strategi dimana kartu adalah elemen yang sangat penting. Contohnya adalah 7wonders, bang dan  munchkin.

Permainan board game (modern) di Indonesia saat ini masih sangat terbatas. Namun salah satu produsen board game di Bandung yaitu Kummara selalu berinovasi untuk membuat board game terbaik karya desainer Indonesia agar semua orang dapat merasakan potensi besar yang ada pada board game. Beberapa karya yang dihasilkan mulai dari tingkat kerumitan tinggi, hingga permainan sederhana yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Seperti contoh Get EGG! Dan Mash Up Monsters!

Gambar 1. Permainan Get Egg dan Mashup Monsters

(Sumber:manikmaya.com)

 

Sebagai bentuk apresiasi pada penggiat board game di Indonesia, beberapa instansi dan komunitas mengadakan kompetisi dan juga membangun kafe dengan tema board game. Seperti contoh pada kompetisi board game challenge  yang diadakan Kompas 2015 yang dimenangkan oleh tim Waroong Wars dari Jawa Timur. Tim yang beranggotakan Wikan, Adhi, Wirawan, Aditya, dan David ini mengusung tema family games dengan desain bernuansa tradisional.

Gambar 2. Permainan Waroong Wars

 

Gambar 3 (a) Shuffle. Id, (b)HD’R Comic Cafe Malang (Facebook/H’Dr Comic Cafe), (c) Tabletoys (Instagram/Tabletoys).

 

 

 

Referensi

Eko Nugroho Berbicara Tentang Board Game. Info.bandung.co.id/eko-nugroho- berbicara-tentang-board-game/ . 8 November 2011.

Montessori, M. (2004): The Origin of An Educational Innovation: Including An Abridged and a Annotated Edition of Maria Montessoris the Montessoris Method, Rowman and Littlefield Publishers, Amerika.

 

Website

Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Kompasiana.com/jokowinarto/teori-belajar- sosial-albert- bandura550094558133119a17fa79fd# . 12 Maret  2011

7 Tahap Pengembangan Game.https://www.google.co.id/amp/s/app.kompas.com/ amp/tekno/read/2013/08/21/1226508/7.tahap.pengembangan.game. 21 Agustus 2013

Apasih Tabletop, Board, dan Card Game itu?. manikmaya.com/apa-sih- tabletop-board-dan-card-game-itu/. 22 Juli 2014

 


Published at : Updated
Written By
Cahyaning Umul Chasanah Nursyifani, S.T., M.Ds.
Subject Constent Specialists | BINUS @Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close