Aturlah Jadwal Belajar Kalian

Dengan membuat jadwal belajar untuk kalian sendiri akan membuat diri kalian sendiri lebih disiplin. Dengan contohnya yaitu kalian bisa membuat jadwal belajar kalian setiap hari akan tetapi hanya dua sampai tida jam saja. Saat weekdays senin sampai jumat kalian buat setiap jam 7 sampai jam 9 malam, untuk weekend yaitu sabtu dan minggu kalian buat agak lebih singkat yaitu mulai jam 8 sampai jam 9 pagi.Cara belajar efektif dan efisien yang kedua adalah mengatur jadwal belajarmu. Dalam hal ini kamu harus disiplin dalam menaati jam belajarmu. Dengan membuat jadwal belajar seperti ini pastinya bisa membuat kalian lebih disiplin dan akan mentaati jadwal yang telah kalian buat tersebut. Hal tersebut juga membantu kalian dari masalah sistem kebut semalam yang dapat membuat kalian bisa pusing dan kepanikan saat akan menghadapi ujian-ujian yang dadakan nantinya.

Buat Suasana Belajar Kalian Senyaman Mungkin

Agar kalian bisa fokus dalam belajar kalian bisa membuat suasana ruangan ataupun tempat kalian belajar senyaman mungkin. Jika kalian suka dengan suasana yang hening, kalian bisa memilih kamar tidur kalian dan mengunci rapat kamar tidur kalian tersebut selama 2 sampai 3 jam lamanya dengan memberikan pemberitahuan dengan menuliskan kalimat pesan agar kalian tidak terganggu yang nantinya diletakan didepan pintu kamar kalian. Jika kalian justru membutuhkan suasana yang hening akan tetapi harus ditambahkan hiburan sedikit, kalian bisa memutar beberapa lagu favorit kalian dengan volume yang tidak terlalu keras agar bisa tetap fokus dalam materi yang kalian pelajari.

Membuat Rangkuman atau Ringkasan

Salah satu hal yang sering menjadi tips para mahasiswa agar lebih mudah mengankap materi apa yang mereka sedang baca ataupun pelajarai, biasanya para mahasiswa  membuat ringkasan-ringkasan berupa rangkuman pada setiap kurikulum ataupun bab yang ada dalam buku pelajaran. Kalian juga bisa membuat beberapa ringkasan dari hasil belajar kalian sebelumnya, agar lebih mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang kalian alami dari membuka catatan ataupun hasil yang telah kalian dapatkan. Kalian dapat menulis pokok-pokok yang pentingnya saja dari soal-soal yang salah ataupun kurang kalian pahami, biasanya lebih mudah jika dibuat dengan point-point dan pastinya kalian buatnya dengan kalimat kalian sendiri agar kalian juga lebih menguasainya.

Pahami Materi Bukan Dihafal

Saat kalian mempelajari sebuah materi yang sedang kalian hadapi, sangat dianjurkan untuk memahami betul isi materinya tersebut daripada kalian menghafalnya. Apabila memahami semua intisari materi tersebut akan jauh lebih menguntungkan untuk kalian dalam jangka waktu yang lumayan panjang daripada kalian hanya menghafalnya, karena jika kalian menghafalnya pastinya kalian akan mudah lupa akan materi yang kalian pelajari tersebut. Maka, tips dan trik ini harus kalian lakukan agar pelajaran yang kalian pelajari bermanfaat bukan hanya dalam jangka waktu yang singkat, akan tetapi untuk jangka waktu yang lama.