JawaPos.com – Sudah banyak yang berbicara tentang perkembangan digital yang setiap tahunnya berevolusi dalam berbagai aspek. Pekembangan ini didorong oleh globalisasi yang tanpa henti membuka celah untuk setiap budaya dan perubahan yang dapat merubah gaya hidup para masyarakat Indonesia, termasuk dalam perkembangan digital yang berdampak pada aspek bisnis.

Masyarakat Indonesia, terutama para pemuda Indonesia sudah mulai berkecimpung dalam dunia bisnis, seperti contohnya dunia digital start up. Bisnis digital ini telah menjamur di Indonesia sehingga setiap pemilik usaha mencari strategi untuk terus bertahan dan bersaing dengan pemilik usaha berbasis digital lainnya.

Walaupun bisnis digital sudah menjamur, tetap saja masih banyak yang kurang mengerti konsep dan proses yang harus ditempa oleh seorang pemilik bisnis dalam ranah digital ini. Dan banyak pula yang tidak memiliki akses yang memadai dalam menerima ilmu bisnis digital ini, terutama Indonesia bagian Timur.

Maka dari itu, hadirlah BINUS untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan membuka sebuah hub yang memfokuskan dalam melahirkan bisnis entrepreneur digital. BINUS @Malang adalah kampus yang memfokuskan para mahasiswa dalam mengembangkan bisnis mereka dalam ranah digital dan juga dapat mendapatkan ilmu dalam mempertahankan bisnis dan bersaing sehat dalam ranah bisnis digital.

Selain menjadi pusat dalam digital technopreneur, BINUS @ Malang ini juga menjadi pusat bagi Indonesia Timur sehingga mereka memiliki akses pendidikan yang setara dalam bidang bisnis digital dengan Indonesia bagian lainnya.

Setelah sukses dalam pre-launching BINUS @Malang ini, BINUS @ Malang akan mengadakan acara Grand Launching pada tanggal 23-26 Oktober 2019 yang akan diadakan di BINUS @ Malang. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari dan akan diisi oleh sesi Digital Technopreneur Conference dan Digital Technopreneur Talk.

Dalam Digital Technopreneur Conference ini akan diisi oleh para CEO dari sebuah institusi bisnis digital ternama, yaitu ada Adrianus Johan (Product Manager GoJek), Igel Zibriel (VP of Area Business Development at Grab Indonesia), Felix Yuwono (Lead Product Manager at Tokopedia), Andy Budiman (CEO KG Media), dan para alumnus BINUS yang sukses dalam membuat bisnis entrepreneur bidang Digital.

Untuk sesi Digital Technopreneur Talk, memiliki beberapa sesi dimana kita berbicara tentang Digital Technopreneur di berbagai aspek seperti In Information and Communication Technology Industry, In Creative Industy, In Entrepreneur, In Fin-Tech Industry, dan In Media Industry. Selain memiliki sesi conference dan talkshow, akan ada workshop IKM dimana topic dari workshop ini adalah pemanfaatan aplikasi akuntansi untuk UKM dan optimasi GForm untuk survey pasar.

Dengan diadakannya BINUS @Malang, diharapkan akan menjadi suatu pusat bagi Indonesia bagian Timur untuk maju bersama dalam bidang Digital Technopreneur dan mampu dalam mengembangkan dan mengedepankan ekonomi Indonesia dengan berkecimpung Digital Technopreneur.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Sumber : https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/22/10/2019/the-age-of-digital-technopreneurship/