TUGUMALANG.ID-Arus globalisasi tidak terbendung. Perkembangan teknologi semakin membuat arus globalisasi kian tak terbendung. Karena inilah, lantas muncul apa yang disebut dengan era revolusi industri 4.0.

Yakni, era yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.
Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan. Hal itulah yang mendorong Kampus Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara (BINUS) Malang melaunching Digital TechnoPreneur. Launching program ini yang digelar Rabu (23/10), dihadiri oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Kepala Badan Koordintor Wilayah (Bakorwil) Kota Malang Benny Sampirwanto, dan Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).
Stepen W. Santoso, Presiden of BINUS Higher Education dalam sambutannya mengatakan bahwa semangat yang diambil dalam membina BINUS di Kota Malang, adalah selalu berkarya mengadirkan solusi, menghadirkan pendidikan, dan pengalaman belajar berkelas dunia.
“Semangat dan komitmen kami dalam membina dan memberdayakan seluruh anak bangsa di Nusantara untuk tetap berkarya dan berprestasi di kancah Nasional sampai kancah Internasional, di mana saat ini BINUS University jug hadir di beberapa kota termasuk hadir di Kota Malang,” Ungkapnya.
Menurutnya lagi, BINUS sudah hadir sejak empat tahun lalu di Malang, hingga telah sampai pada peresmian kali ini untuk membuktikan kualitas dan sumbangsih dalam bidang Digital Technopreneur di Indonesia.”Ajang ini akan memberikan informasi dan peluang terkait bisnis di digital teknopreneur kepada masyarakat luas,” tegasnya.
Mengenai hal tersebut, saat memberikan sambutan, Wali Kota Malang, Sutiaji menegaskan bahwa pihaknya tetap berharap besar serta apresiasi atas hadirnya BINUS yang mempunyai visi dan semangat menghadirkan ekonomi kreatif berbasis digital.
“Kehadiran BINUS di tengah-tengah kehidupan masyarakat dalam kometmentnya mencetak generasi kreatif dibidang digital, tentu ini semakin memberikan arti di Kota Malang dan Jawa Timur yang bisa pastikan menjadi salah satu kota dan provinsi kreatif berbasis digital,” pungkasnya.
Reporter : Ali dan Ghufron
Editor : Irham Thoriq
Sumber : https://kumparan.com/tugumalang/digital-technopreneur-jadi-andalan-baru-binus-malang-1s73BexBq23