By : Riesta Devi Kumalasari., S.E.,M.M.

Mayoritas, seseorang yang baru terpikir untuk memulai bisnis merasa kebingungan dalam hal mencari ide bisnis apa yang sekiranya cocok untuk mereka. Beberapa dari mereka mungkin berusaha mencari berbagai informasi mengenai bisnis kekinian yang saat ini sedang menjamur dari rekan-rekan yang up to date, atau mungkin beberapa dari mereka menggali informasi lebih dalam  dengan melakukan pencarian di internet, majalah, surat kabar, dll. Ada juga dari mereka yang rela untuk berkeliling kota dan daerah untuk mencari sebuah ide bisnis yang akan membawa keuntungan bagi mereka. Atau mungkin pernahkah Anda pribadi mengalami hal-hal seperti di atas?

Mencari sebuah bisnis yang cocok untuk kita jalankan terkadang menurut beberapa orang adalah hal yang sulit. Padahal jika kita cermati sekali lagi, bisnis itu erat kaitannya dengan passion seseorang. Apa sebenarnya yang dimaksud passion di sini? Arti sederhana dari passion adalah kegemaran dan kesenangan. Itu artinya, dengan memiliki passion dalam suatu hal, maka seseorang tersebut tidak akan pernah bosan untuk melakukan suatu aktivitas, mereka mengerjakan suatu hal tersebut dengan ikhlas dan tanpa paksaan, serta biasanya karena sudah sangat menggemari pekerjaan / aktivitas tersebut, membuat beberapa orang yang memiliki passion tadi tidak mengenal lelah meskipun bekerja sampai berjam-jam.

Passion dan bisnis adalah kedua hal yang saling berkaitan dan berhubungan. Karena passion sangat erat hubungannya dengan kesenangan/kegemaran seseorang. Sesuatu yang menyenangkan bisa dimulai dengan sebuah hobi. Kemudian dari hobi terkadang juga bisa memunculkan sebuah kemungkinan-kemungkinan ide bisnis dan hal-hal yang produktif setelah kita menjalankan ide bisnis tersebut. Terlebih lagi jika Anda sudah mendapatkan keuntungan/imbal hasil yang sepadan ketika Anda mencoba menjalankan bisnis yang merupakan passion Anda.  Perlu digarisbawahi bahwa menemukan passion bisnis bukan merupakan sesuatu hal yang rumit. Semua itu bisa dilakukan jika kita memiliki kemauan dalam diri. Yang terpenting adalah jangan pernah berhenti mencoba untuk membangun bisnis dan menjalankannya, karena tidak ada yang tahu bahwa bisnis yang sudah dijalankan tersebut adalah passion Anda selama ini.

Salam sukses