Pengembangan usaha mikro dan kecil menjadi prioritas pemerintah dalam upaya penguatan ekonomi nasional. Program pengembangan kewirausahaan banyak disiapkan oleh pemerintah maupun pihak lain. Masyarakat tradisional merupakan kelompok yang perlu perhatian khusus dalam hal ini. Sayangnya sampai saat ini program-program itu  masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Program-program yang diberikan belum banyak menunjukkan hasil yang memuaskan.

Dana yang disiapkan untuk program pengembangan masyarakat ini tidaklah kecil. Pemerintah daerah sampai dengan pusat menyediakan peluang dan dana besar yang bisa diakses dengan mudah oleh kelompok masyarakat. Program yang diterapkan juga merupakan program-program unggulan yang secara teori sangat mungkin untuk berhasil. Belum lagi banyak juga perguruan tinggi yang menjalankan program tersebut, sehingga secara  logika harusnya cepat berhasil.

Dari hasil analisa yang dilakukan ternyata kegagalan itu bukan karena programnya yang jelek atau kurang bagus. Sering kali program-program pengembangan masyarakat hanya dia adopsi dari program yang sudah berhasil diterapkan di daerah lain atau negara lain. Satu program bisa berhasil diterapkan di suatu daerah atau negara belum tentu berhasil jika diterapkan di daerah lain.

Perbedaan budaya satu daerah dengan daerah lain menjadi penghambat keberhasilan program-program seperti itu. Tidak semua program bisa diberikan dan cocok untuk mereka. Budaya tradisional yang masih melekat kuat pada mereka sering kali menjadi penghambat dalam program pengembangan kewirausahaan bagi mereka. Masyarakat masing daerah memiliki budaya dan perilaku berbeda sehingga dalam program pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan budaya mereka.

Sebelum diterapkan di suatu daerah program itu harus dikaji terlebih dahulu kesesuaiannya dengan budaya masyarakat setempat. Dengan demikian tidak terjadi keberatan atas program yang diberikan dari sisi masyarakat yang akan dikembangkan. Kesesuaian dengan budaya lokal akan memacu masyarakat belajar lebih giat sehingga proses akan berjalan lancar. Pada akhirnya pengembangan kewirausahaan bagi masyarakat akan berhasil.

Salam Sukses