People Innovation Excellence
 

Media Coverage : Resmi, Kampus Binus Malang Diluncurkan! 

MALANG, KOMPAS.com – Binus University resmi meluncurkan kampus barunya, Digital Technology Entrepreneurship Binus Malang, Araya Mansion, Malang, Rabu (20/2/2019). Tahap pertama area kampus ini akan terdiri dari 11.000 meter persegi. Binus mematok target pembangunan selesai pada Juli 2019 dan bisa beroperasi untuk belajar mengajar pada Agustus 2019. Rektor Institut Teknologi Riset Binus Malang, Boto Simatupang, mengatakan selama 3 tahun merintis kampus ini tercatat Binus Malang sudah memiliki sekitar 400 mahasiswa. “Nantinya untuk tahap pertama (kampus ini), kami siapkan untuk menampung 5.000 mahasiswa. Kami bersyukur yang dilakukan ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah Indonesia. Kami fokus meningkatkan entrepreneurship dengan pendekatan digital. Ini juga respons atas kebutuhan mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar secara smart class, creative class dan juga reguler class. Ini cocok dengan progam 2+1+1 yang kami siapkan untuk mahasiswa Malang,” ujar Boto. Dengan konsep 211 itulah, lanjut dia, Binus Malang sangat memungkinkan menerapkan konsep mobilitas mahasiswanya. Mobilitas itu disesuaikan dengan waktu kuliah.

Jadi, konsep 211 itu artinya 2 tahun kuliah di Binus Malang, 1 tahun di Jakarta atau Bandung sesuai peminatan, dan 1 tahun lagi untuk program magang di perusahaan,” tambah Boto. Saat ini ada 20 mahasiswa Binus Malang yang kuliah di Jakarta. Petrus Harjanto, guru SMA Katolik Kolese Santo Yusup, Malang, mengakui bahwa yang dilakukan Binus dengan membuka kampus baru yang menitikberatkan pada pendekatan teknologi digital sudah tepat. Menurut Petrus, hal itulah yang dibutuhkan anak-anak zaman sekarang di Malang. “Mereka sudah tak punya cita-cita seperti orang zaman dulu, sudah tak lagi mau jadi guru, polisi atau karyawanlah. Mereka maunya yang bebas atau freestyle, tapi tuntutan teknologinya tinggi sehingga Binus menangkap maunya anak-anak,” kata Petrus. Di sisi lain, konsep 211 bisa menjadikan anak-anak lebih bersemangat belajar tanpa harus punya pikiran “Jakarta sentris”. “Mereka yang mau kuliah di Jakarta tak perlu ke Jakarta, tapi cukup di Malang saja,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Resmi, Kampus Binus Malang Diluncurkan!”, https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/20/15375981/resmi-kampus-binus-malang-diluncurkan.
Penulis : M Latief
Editor : Sri Noviyanti


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close