People Innovation Excellence
 

Sistem Absensi Pegawai menggunakan Aplikasi Android

Sistem Absensi Pegawai menggunakan Aplikasi Android

By : Fairuz Iqbal Maulana, S.T., M.T., M.Eng

Sistem absensi sangat penting untuk mengetahui kehadiran seorang karyawan pada suatu perusahaan. Perkembangan sistem absensi dari menggunakan kertas, finger print, pengenalan wajah hingga hanya menggunakan sebuah smartphone Android/IOS.

Banyaknya pengguna smartphone android, memungkinkan beberapa perusahaan untuk memperbarui sistem absensi berbasis mobilephone. Karena lebih efisien, efektif dan cepat dalam melakukan absensi di mana saja. Jadi anda tidak perlu mengantri dengan karyawan lainnya untuk melakukan absensi pada umumnya.

Ada 2 cara untuk melakukan absensi pada aplikasi ini. Pertama menggunakan fingerprint authentication dan yang kedua menggunakan Face Identification yang menentukan bahwa pegawai tersebut yang melakukan absensi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penggunaan sistem absensi berbasis smartphone ini, yaitu : smatphone android yang memiliki sensor fingerprint, kamera depan, id-user (pegawai), lokasi gps, imei smartphone dan security aplikasi itu sendiri.

Sensor fingerprint dan kamera depan digunakan untuk otentikasi user, id-user digunakan untuk mencocokkan data absensi dari smartphone ke server, lokasi gps digunakan untuk mengetahui (tracking) lokasi pegawai melakukan absen, imei smartphone digunakan untuk mengtahui bahwa pegawai menggunakan smartphone yang sama dari awal absen hingga selesai, security pada aplikasi digunakan untuk menghindari kemungkinan kecurangan fake gps hingga modifikasi aplikasi itu sendiri. Salah satu cara security pada aplikasi absensi berbasis smartphone adalah notifikasi pop up peringatan menghapus aplikasi fake gps sejenisnya dan user tidak bisa melakukan login pada aplikasi.

Semua data yang diperoleh dari aplikasi saat melakukan absensi akan tercatat dalam database server secara online. Waktu, lokasi dan lama bekerja akan terlaporkan dan juga akan tampil pada aplikasi user. Dengan adanya aplikasi absensi ini, pimpinan perusahaan dapat dengan mudah mengetahui posisi masing-masing karyawannya selama jam kerja.

 


Published at :
Written By
Fairuz Iqbal Maulana, S.T., M.T., M.Eng
Subject Content Specialist | Computer Science
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close